Pasangan di Kolaka Ijab Kabul Lewat Video Call Demi Cegah Penyebaran Virus Corona

Pasangan di Kolaka Ijab Kabul Lewat Video Call Demi Cegah Penyebaran Virus Corona
Kompas.com
Editor: Malda Teras Health —Rabu, 25 Maret 2020 17:02 WIB

Terasjabar.id - Sepasang penganti di Kolaka, Sulawesi Tenggara, terpaksa melaksanakan ijab kabul melalui video call, Rabu (25/3/2020).

Mempelai pria, C (33), terpaksa menikahi wanita pujaannya, F, dengan cara tersebut untuk mecegah penyebaran virus corona.

Dilansir dari Kompas.com, Pemkab Kolaka sudah menerapkan kebijakan untuk melarang warga menggelar acara hajatan pernikahan untuk sementara.

"Saat ini, kan, sementara proses memutus mata rantai Covid-19, makanya disarankan bagi keluarga kedua mempelai itu untuk tidak membuat acara. Karena tanggal akad nikal telah disepakati jauh hari sebelumnya, makanya prosesinya melalui video call," kata Camat Kolaka, Amri, Rabu.

Prosesinya pun berlangsung penuh rasa bahagia dan haru.

Akad nikah via video call ini sendiri dilakukan di rumah pengantin wanita inisial F di Kelurahan Lamokato.

"Kondisi mengharukan dan bahagia. Terlebih lagi, ini adalah kejadian pertama untuk di dalam Kota Kolaka. Dan kami bersyukur, sebab keluarga mempelai wanita dan pria ini menurut terhadap anjuran pemerintah," ujar dia.

"Jadi, layaknya seperti biasa, ada juga pak penghulu di rumah pengantin pria, Pak Abdul Wahab yang jadi penghulunya" tambah dia.

Prosesi ijab kabul via vidio call ini mendapat respons yang sangat positif dari masyarakat Kolaka.

"Kami apresiasi kepada keluarga kedua mempelai. Yang paham akan kondisi saat ini. Bayangkan saja kalau hal ini dilangsungkan di tengah banyak orang. Kita tidak bisa menjamin apakah ada yang terpapar Covid-19 atau tidak. Jadi, kami bangga dengan keluarga kedua mempelai," tegas Irwan, warga Jalan Badewi Kolaka.

(Kompas.com/Suparman)




Virus Corona Ijab Kabul Kolaka Sulawesi Tenggara


Loading...