'Nyepi Sejalan dengan Social Distancing' Tutur Wakil Presiden Ma'ruf Amin

'Nyepi Sejalan dengan Social Distancing' Tutur Wakil Presiden Ma'ruf Amin
(AyoSemarang.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 25 Maret 2020 12:08 WIB

Terasjabar.id - Hari ini umat Hindu di Indonesia merayakan Hari Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Ritual Nyepi dilakukan dengan berdiam diri di rumah.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, ritual Nyepi yang dijalankan umat Hindu sangat sesuai dengan imbauan Pemerintah untuk melakukan social distancing atau menjaga jarak demi menghindari penularan virus corona (Covid-19).

Menurutnya, Hari Raya Nyepi yang dijalankan umat Hindu sejatinya menjadi refleksi yang indah bagi kita semua

"Di tengah wabah virus corona yang melanda bangsa ini, spirit Nyepi sejalan dengan seruan social distancing," kata Wapres Maruf dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (24/3/2020).

Maruf Amin juga mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu di Indonesia. Dia berharap perayaan Nyepi di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dapat memberikan kekuatan kepada umat Hindu dan seluruh masyarakat Indonesia dalam menghadapi cobaan tersebut.

"Saudar-saudaha seluruh umat Hindu di Tanah Air, saya mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1942. Kiranya kita tetap diberi kekuatan untuk menghadapi tantangan yang tidak ringan. Namun dengan keyakinan dan kebersamaan, insyaallah cobaan ini akan kita dapat lalui," katanya.

Perayaan Nyepi di Bali tahun ini terbilang beda dari tahun-tahun sebelumnya. Gubernur Bali Wayan Koster telah mengeluarkan Instruksi agar tidak melakukan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Pawai Ogoh-ogoh yang biasanya digelar sehari sebelum Nyepi dibatalkan.

Gubernur juga telah mengimbau kepada masyarakat Bali untuk tetap tinggal di rumah setelah Hari Raya Nyepi berakhir. Artinya, tradisi Ngembak Geni yang dilakukan umat Hindu berkunjung ke rumah kerabat dan keluarga setelah perayaan Hari Raya Nyepi diminta ditiadakan dan tetap berdiam di rumah.

Hari Raya Nyepi berlangsung selama 24 jam sejak Rabu pukul 06 WITA hingga Kamis (26/3/2020) pukul 06.00 WITA. Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Hari Nyepi Wakil Presiden Ma'ruf Amin


Loading...