Viral di Media Sosial Bawang Merah Dapat Menyedot dan Membunuh Virus Korona, Ternyata Berita Bohong Atau Hoaks

Viral di Media Sosial Bawang Merah Dapat Menyedot dan Membunuh Virus Korona, Ternyata Berita Bohong Atau Hoaks
(Grid.ID : Google)
Editor: Epenz Teras Viral —Selasa, 24 Maret 2020 15:11 WIB

Terasjabar.id - Penyebaran corona atau Covid-19 yang kian masif juga disertai beredarnya berita bohong atau hoaks terkait virus yang diduga berasal dari China ini.

Satu dari hoaks yang beredar di media sosial Facebook yakni mengenai bawang merah dapat menyedot dan membunuh virus corona.

Informasi tersebut diunggah oleh pengguna Facebook, Cinta Bella di grup umum 'Jadikan Dunia Mayamu sebagai Ladang Amalmu', Senin (23/3/2020).

Hingga berita ini ditulis unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 3.897 kali.

Sementara itu, komunitas pemerang hoaks Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengklarifikasi bahwa berita tersebut merupakan berita yang salah.

Klaim bahwa bawang merah dapat mengatasi virus adalah hoaks lama yang kembali diedarkan dan dikaitkan dengan wabah Covid-19 yang menjangkit di beberapa negara sejak Desember 2019 lalu.

Dikutip dari situs pemeriksa fakta dari luar negeri, Snopes, menempatkan bawang merah yang dipotong dan ditempatkan di dalam mangkuk tidak akan melawan virus flu.

Menurut Snopses, klaim bawang merah dapat membunuh virus merupakan kepercayaan tradisonal yang tidak didukung aspek ilmiah.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui ekstrak bawang merah dapat membantu pengobatan batuk, pilek, asma, dan bronkitis.

Namun, dari beberapa penelitian ilmiah, tidak ada satu pun catatan mengenai peletakan potongan bawang merah di dalam ruangan.

tangkapan layar mafindo
HOAKS Bawang Merah yang Dikupas Bisa Bunuh Virus Corona

Snopses.com menegaskan, potongan bawang merah tidak akan mengamankan ruangan dari virus flu, baik flu babi pada 2009 atau penyakit menular lainnya.

Jika ingin tetap sehat, sebaiknya setiap orang rajin mencuci tangan dan menghindari berada di orang yang sakit.

Sementara itu, Cinta Bella dalam unggahannya menceritakan bahwa ada satu keluarga yang sama sekali tidak tersentuh wabah corona.

"Ada seorang dokter yang heran akan hal ini dan ia mengunjungi keluarga tersebut. Dokter ini mendapati bahwa keluarga ini tiap hari menaruh bawang merah yang telah dikupas di mangkok dan meletakkannya di setiap kamar di rumah itu," tulis Cinta Bella melansir arsip Mafindo.

Dokter tersebut kemudian mengambil salah satu mangkok bawang merah itu untuk melakukan penelitian.

Setelah diteliti dengan metode bakteriologis, sang dokter mendapati seluruh permukaan bawang itu penuh virus dan kuman yang sudah in-aktif.

"Bawang merah itu ternyata menyedot virus dan kuman lalu memfokuskannya masuk dalam intra sel, lalu dicerna dalam vakuola dan membunuhnya. Bukan hanya virus saja, tapi juga bakteri, kuman, semuanya terkumpul di situ dalam keadaan sudah in-aktif atau mati," tulisnya.

Cinta Bella menceritakan, sang dokter melakukan sendiri percobaan dengan meletakkan beberapa potongan bawang merah di samping ranjang pada pasiennya yang menderita radang paru-paru berat atau pneumonia.

Keesokan paginya, bawang merah tersebut berubah berwarna hitam.

Hal itu terus dilakukan sang dokter hingga pasien lebih cepat sembuh dari perkiraaanya.

MAFINDO (1)
HOAKS Bawang Merah yang Dikupas Bisa Bunuh Virus Corona

Di bagian akhir ceritanya, Cinta Bella mengajak pembaca untuk memasang bawang merah yang dikupas di setiap ruangan rumah.

"Nah ayo mulai sekarang kita pasang bawang merah yang sudah dikupas. Masukkan dalam mangkuk dan taruh di kamar, ruang tamu, gudang, dan setiap sudut sudut ruangan," tulisnya.

Ia pun meminta kepada pembacanya untuk menyebarkan ceritanya, dan berharap ketika semua orang mengetahui rahasia ini harga bawang merah tidak lantas naik.

Sebelumnya, Kominfo juga telah mengatakan bahwa bawang merah ttidak dapat menyerap virus.

Melalui laman resmi Kominfo, dijelaskan bahwa bawang merah yang dapat mengikat virus adalah mitos, seperti yang dijelaskan oleh National Onion Association (NOA).

NOA merupakan organisasi yang mewakili petani, pedagang, eksporter, dan importer bawang merah di AS yang sudah berdiri sejak 1913.

Mereka juga mengatakan bahwa mitos bawang merah dapat mengikat virus ternyata mitos yang sudah beredar di seluruh dunia.

Disadur dari (Tribunnews.com/R Agustina)

Virus Korona Wabah Virus Korona Bawang Merah Hoaks


Loading...