RS Al Ihsan Bandung Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), Mulai dari Masker Hingga Alat Cek Suhu

RS Al Ihsan Bandung Kekurangan Alat Pelindung Diri (APD), Mulai dari Masker Hingga Alat Cek Suhu
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Bandung —Selasa, 24 Maret 2020 11:53 WIB

Terasjabar.id - ‎Rumah Sakit (RS) Al Ihsan Bandung ditunjuk jadi rumah sakit rujukan penanganan terkait virus corona atau covid - 19. Hanya saja, sejumlah peralatan medis kekurangan.

Dalam surat tertanggal 20 Maret 2020 tentang pengantar proposal pengajuan alat pelindung diri (APD), mereka kekurangan banyak APD.

Dalam surat itu pula dirinci alat medis apa yang serba kekurangan.

Ada 25 jenis alat medis yang semuanya kekurangan. Mulai dari baju coverall, kaca mata google, sepatu boot, masker N 95 hingga thermal scanner, semuanya serba kekurangan.

Bahkan untuk alat penting seperti cairan surface disinfektan hingga spray disinfektan persediaannya kosong. Hand sanitizer pun, di ukuran rumah sakit, per tanggal 20 Maret stoknya 4 buah saja dari kebutuhan 50 galon. Satu galon diisi 5 liter. Thermal scanner dan thermometer digital sensor, persediaannya hanya satu unit.

"Dalam rangka penyelenggaraan pelayanan tanggap darurat untuk covid 19 di RSUD Al Ihsan dan adanya keterbatasan kami dalam penyediaan APD untuk petuga dan pasien, maka bersama ini kami sampaikan permohonan bantuan APD sebagaimana proposal terlampir," bunyi surat tersebut, yang ditandatangani Dr H Apen Afghani, selaku Ketua Tim Satgas Covid RSUD Al Ihsan.

Surat pengantar proposal dan rincian APD yang dibutuhkan itu beredar di media sosial. ‎Saat dikonfirmasi, Humas RSUD Al Ihsan M Zainal Arifin membenarkan soal surat itu.

"Surat itu sebenarnya bukan untuk di publish di medsos. Tapi untuk kelembagaan, kami ajukan pengajuan secara formal ke sesama instansi," kata Zainal via ponselnya, Selasa (24/3/2020).

Ia mengatakan saat ini memang APD di RSUD Al Ihsan serba kekurangan. Tapi, itupun peralatanya dinamis.

"APD itu kan dinamis, ada yang habis sekali pakai, hari ini habis besoknya ada stok lagi. Tapi pada prinsipnya, RSUD Al Ihsan memang sedang kekurangan APD," kata Zainal.

Soal peralatan medis apa saja yang sudah terpenuhi pascapengajuan, ia mengaku belum mendapat update terbaru. RSUD Al Ihsan berada di bawah yurisdiksi Pemprov Jabar

(Tribunjabar.id)


RS Al Ihsan Bandung APD Masker Alat Bantu Virus Corona


Loading...