Advertisement

Provinsi Bali Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun, BMKG Sebut Terkait dengan Gempa 19 Maret

Provinsi Bali Diguncang Gempa Bumi Secara Beruntun, BMKG Sebut Terkait dengan Gempa 19 Maret
Ilustrasi (Kanal Inspirasi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 23 Maret 2020 11:09 WIB

Terasjabar.id - Provinsi Bali diguncang 37 gempa susulan setelah gempa pertama bermagnitudo 5,0 terjadi pada Minggu (22/3/2020) siang. Gempa Bali tersebut ternyata masih terkait dengan gempa magnitudo 6,3 yang terjadi pada 19 Maret lalu.

"Jika memperhatikan lokasi episenter, kedalaman, dan mekanisme sumbernya tampak bahwa gempa yang terjadi masih merupakan rangkaian gempa susulan dari gempa utama dengan magnitudo 6,3 pada 19 Maret 2020 pukul 00.45.38 WIB," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulisnya.

Rahmat menuturkan, analisis BMKG awalnya menentukan parameter gempa M5,2, namun kemudian dimutakhirkan menjadi M5,0 dengan pusat gempa berada di laut 256 km selatan Denpasar pada kedalaman 10 km. Gempa tersebut, kata dia, merupakan rangkaian dari gempa susulan yang terjadi beberapa hari sebelumnya.

Rahmat menjelaskan, gempa yang terjadi Minggu kemarin memiliki mekanisme patahan turun (normal fault) dengan deformasi batuan terjadi pada bidang tekukan Lempeng Indo-Australia yang mengalami gaya tarikan lempeng (ekstensional).

"Di zona ini slab lempeng samudra Indo-Australia 'mulai' menunjam dan menekuk ke bawah lempeng benua Eurasia di Selatan Bali dan disinilah patahan itu terjadi. Karena patahan batuan terjadi di zona sumber gempa di luar zona subduksi (outer rise)," katanya.

Dia menambahkan, ini bukan kali pertama gempa bersumber di zona outer rise selatan Bali. Tercatat daerah itu pernah tiga kali mengalami gempa signifikan yaitu gempa M 6,0 pada 9 Juni 2016, M 5,3 pada 17 Maret 2017, dan pada 9 Juni 2019 dengan M 5,1.

Untuk itu, dia meminta kewaspadaan dengan meningkatnya aktivitas gempa di zona tersebut karena dapat memicu gempa besar dengan mekanisme turun yang dapat menjadi generator tsunami. Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Bencana Alam Bali


Related Post



Loading...