Seorang Warga Kuningan Meninggal Di RSCM Jakarta Akibat Virus Covid-19

Seorang Warga Kuningan Meninggal Di RSCM Jakarta Akibat Virus Covid-19
Seorang Warga Kuningan Meninggal Di RSCM Jakarta Akibat Virus Covid-19
Editor: Epenz Teras Kuningan —Senin, 23 Maret 2020 10:37 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Seorang Warga Kuningan, Jawa Barat, meninggal di RSCM Jakarta diduga akibat terpapar virus corona. Informasi itu disampaikan dalam aplikasi Pikobar. Kematian warga Kuningan akibat virus Corona itu dibenarkan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama kepada awak media saat dikonfirmasi di komplek Setda Sabtu (21/3/2020).

Gambar mungkin berisi: 1 orang, luar ruangan

Memang betul yang neninggal dunia itu warga Kuningan, yang merantau dan sudah lama tinggal di Jakarta. Namun identitas, KTPnya warga Kuningan, ujarnyaKorban meninggal itu punya riwayat penyakit tumor lalu sebelum meninggal terpapar virus corono, terangnya.

Gambar mungkin berisi: luar ruangan

Dalam upaya mengantisifasi penyebaran virus corona lanjut Acep, hingga saat ini pihak Pemkab Kuningan secara terus menerus melakukan langkah strategis melalui sosialisasi pencegahan virus corona. Sampai pekan kemarin, keresahan warga tak terelakan lagi warga Kuningan dibuat resah, saat meliha 'medsos' muncul tanda warna pink dalam peta sebaran Covid -9 di Jabar. Dimana tanda warna pink itu adalah pasien positif virus corona.

Rp 12 Miliar Untuk Covid-19

Sementara itu, Pemkab Kuningan telah menyediakan anggaran sebesar Rp 12 Miliar untuk penanggulangan Covid-19. "Besaran anggaran itu menurut Sekda DR H Dian RY, rencananya digunakan pengadaan obat-obatan, peralatan dll. Selain itu, akan digunakan jika sewaktu-waktu terjadi krisis menimbulkan panic buying," ujarnya.


Mengenai biaya operasional untuk memberikan dorongan moral dan spirit bagi para tenaga medis yang siaga di garda terdepan. "Tim Krisis Center Corona serius mengantisifasi masalah Corona ini. Pemkab dan stakeholder lain terus membahasnya, karena kecenderungan eskalasi penyebaran Covid-19 ini, secara nasional masih meningkat," ungkapnya. Sementara ini, kesulitan yang sedang dihadapi, kata Dian, adalah terkait kekurangan Alat Perlindungan Diri (APD) yang masih dalam proses pengadaan.

Gambar mungkin berisi: langit dan luar ruangan

(RSUD Linggajati, salah satu RSUD di Kuningan  disiapkan pula ruang isolasi untuk pasien yang terinsfeksi Corona)

"Pengadaan perlengkapan lainnya, dalam minggu ini akan diupayakan lebih maksimal lagi. Keberadaan Crisis Center yang terpusat di Ruang Linggajati Setda Kuningan, sebagai upaya menyediakan bahan rujukan informasi yang terintegrasi. "Agar informasi di masyarakat tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat," ujarnya.


Diketahui hingga Jumat (20/03) Total ODP 33 orang, laki-laki 26, perempuan 7 orang, dan kasus yang telah dinyatakan selesai ada 14 orang, terangnya.


(H WAWAN JR)

Virus Korona Wabah Virus Korona RSCM Jakarta


Loading...