Tips Main Game Anti Lelet Kala di Rumah Imbas Virus Corona

Tips Main Game Anti Lelet Kala di Rumah Imbas Virus Corona
REQnews
Editor: Malda Teras Techno —Minggu, 22 Maret 2020 19:50 WIB

Terasjabar.id -- Belajar dan bekerja dari rumah (work from home/WFH) imbas virus corona membuat aktivitas waktu luang juga semakin tinggi. Di sela-sela waktu luang itu, masyarakat mengisi waktu dengan bermain gim.

Kaspersky membagikan beberapa tips agar pengguna bisa bermain gim di komputer dengan lancar tanpa mengalami lag.

1. Sesuaikan Pengaturan Gim dengan Kapasitas Perangkat


Gim spesifikasi tinggi membutuhkan perangkat dengan spesifikasi tinggi pula. Mengatur level detail grafis yang lebih rendah atau mengurangi resolusi dalam pengaturan gim dapat menjadi solusi. Aktifkan indikator frame per detik (FPS) jika didukung oleh pengaturan gim untuk mengawasi angka FPS.

Pengguna kemudian bisa menyesuaikan pengaturan sehingga bisa mendapatkan 30 hingga 60 FPS.  Lebih tinggi FPS akan membuat gambar bergerak dengan lancar.

FPS kurang dari 30 tidak ideal untuk permainan gim seperti Counter Strike, hingga PUBG, gambar akan sering tersendat. Untuk permainan gim online, FPS lebih dari 60 sangat dianjurkan.

2. Ubah Pengaturan Daya Baterai ke Performa

Pastikan pengguna bermain di laptop sembari mengisi daya baterai agar bisa mendorong performa laptop. Cara termudah untuk mengatur daya ke performa adalah dengan mengklik ikon baterai pada taskbar, kemudian geser atau pilih 'best performance'.

Jangan mengubah daya ke 'Battery Saving', sebab performa laptop akan menurun untuk menghemat konsumsi baterai. Penurunan performa ini akan membuat gim mengalami lag.

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Pastikan Internet memiliki kecepatan dan latensi yang stabil apabila pengguna bermain gim online. Pengguna bisa melakukan uji coba kecepatan dan latensi di speedtest.net atau dslreports.com.

Pastikan kecepatan internet memadai dengan kecepatan 10Mb per detik dan penundaan latensi (ping) yang sangat kecil (alias ping). Pengguna disarankan menggunakan kabel optik untuk  terhubung dengan modem agar bisa menurunkan ping hingga 5-50 ms yang ideal untuk bermain gim.

4. Tutup Semua Aplikasi Selain Gim

Pengguna disarankan untuk menutup semua aplikasi kecuali gim. Hal ini  dilakukan agar performa laptop bisa fokus ke gim dan tidak terbagi ke aplikasi-aplikasi lain.

Pengguna bisa membuka Windows Task Manager untuk mengetahui seluruh proses yang berjalan di laptop. Pengguna bisa mengurutkan dan menutup aplikasi yang membutuhkan proses terbesar.

5. Matikan Pembaruan Otomatis Windows

Kinerja laptop saat bermain gim akan terganggu apabila Windows tiba-tiba melakukan pembaruan atau menginstal sesuatu. Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk mengatur jadwal pembaruan saat pengguna sedang tidak bermain gim.

Bagi pengguna Windows 10, pengguna bisa membuka pembaruan Windows kemudian pilih 'Change Active Hours'. Hal ini dilakukan untuk mencegah Windows melakukan pembaruan ketika pengguna sedang bermain gim.

(jnp/DAL/CNN)

Game Virus Corona Rumah Lag


Loading...