Gempa Bumi 3,5 Skala Richter Guncang Kota Sukabumi

Gempa Bumi 3,5 Skala Richter Guncang Kota Sukabumi
Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 skala richter mengguncang Kota Sukabumi, Minggu (22/3/2020) pada pukul 10.48.00 WIB. Foto/Dok/SINDOnews
Editor: Admin Hot News —Minggu, 22 Maret 2020 14:08 WIB

Terasjabar.id -  Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 skala richter mengguncang Kota Sukabumi, Minggu (22/3/2020) pada pukul 10.48.00 WIB. Gempa bumi tidak berpotensi tsunami dan belum ada laporan dampak kerusakan.

Dilansir dari Sindonews.com, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,5. Episenter terletak pada koordinat 7,07 LS dan 106,56 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 44 km barat daya Kota Sukabumi, Jabar pada kedalaman 2 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Patahan Cimandiri di wilayah tersebut," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Menurut dia, berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kecamatan Pelabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI . Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

"Hingga pukul 11.27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.

Gempa Bumi 3 5 Skala Richter Guncang Kota Sukabumi BMKG


Loading...