Pemeriksaan Keluarga Pasien Positif Corona di Surabaya Gratis Jika Ada Rujukan

Pemeriksaan Keluarga Pasien Positif Corona di Surabaya Gratis Jika Ada Rujukan
Kadinkes Surabaya (Foto file: Esti Widiyana/detikcom)
Editor: Admin Hot News —Minggu, 22 Maret 2020 13:39 WIB

Terasjabar.id -  Keluarga pasien positif virus corona di Surabaya yang menjalani tes swab di RS Unair digratiskan.Asal mereka mendapat rujukan dari puskesmas atau RSUD milik pemkot.

"Harus mendapat rujukan dulu baru mendapatkan tes gratis ke RS," kata Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita saat dikonfirmasi, Minggu (22/3/2020).

Jika tidak mendapat rujukan, Dinkes Surabaya akan kehilangan jejak keluarga maupun orang terdekat pasien positif corona.

"Siapa yang periksa mandiri saya tidak tahu, belum dapet data. Unair juga repot belum bisa ngasih ke saya," jelasnya.

Dinkes Surabaya juga melakukan pemantauan selama dua pekan terhadap keluarga-keluarga positif corona. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

"Mereka diminta mengisolasi diri, nanti dipantau selama 14 hari kalau misalnya ada keluhan (gejala) nanti pasti puskesmas akan merujuk ke rumah sakit," tambah Febria.

"Jadi ya tetap dilakukan pemeriksaan selama 14 hari kedepan. Kalau memang tidak ada gejala tidak masalah," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Satgas Corona RS Unair dr Alfiian Nur Rasyid SpP mengatakan, keluarga dua pasien positif virus corona yang diisolasi akan melakukan pemeriksaan. Setelah screening, dokter menyarankan untuk tes swab.

"Senin (23/3) rencananya akan tes, kemarin Kamis (19/3) sudah ketemu dan kami screening. Terus kita sarankan untuk swab," kata Alfian saat dihubungi detikcom, Sabtu (21/3).

"Tapi karena belum siap, ya nanti Senin. Pokoknya sudah rencana akan melakukan pemeriksaan," pungkasnya.

(Detik.com)

Pemeriksaan Keluarga Pasien Positif Corona di Surabaya Gratis Jika Ada Rujukan Covid-19


Loading...