Personel Gabungan di Cimahi Mobile Imbau Warga Cegah Penyebaran Covid-19

Personel Gabungan di Cimahi Mobile Imbau Warga Cegah Penyebaran Covid-19
Foto/Dok.Humas Polres Cimahi
Editor: Admin Teras Cimahi —Minggu, 22 Maret 2020 07:52 WIB

Terasjabar.id - Jajaran Polres Cimahi bersama sejumlah unsur TNI, dan Satpol PP Kota Cimahi menggelar kegiatan Operasi Aman Nusa II, Sabtu (21/3/2020). 

Kegiatan ini dilakukan sebagai antisipasi penularan virus Corona (Covid-19) di wilayah hukum Polres Cimahi yang mencakup Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kegiatan diawali dengan apel bersama di Alun-alun Kota Cimahi yang diikuti oleh PJU Polres Cimahi; Kapolsek Cimahi, dan Cimahi Selatan; Danramil Kodim 0609 Cimahi; Kasatpol PP Kota Cimahi; dan sejumlah personel dari Polres Cimahi; TNI, dan anggota Satpol PP Kota Cimahi.

Selesai apel, seluruh personel bergerak atau mobile menggunakan kendaraan untuk memberikan imbauan ke masyarakat terkait upaya mencegah dari tertular virus Corona. "Kegiatan ini untuk mengimbau ke masyarakat di Kota Cimahi dan KBB agar menjaga pola hidup bersih demi memutus penyebaran Virus Corona," kata Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki, Sabtu (21/3/2020).

Yoris mengemukakan, pemberitahuan kepada masyarakat oleh petugas dilakukan secara mobile menggunakan kendaraan. Sejumlah tempat dan jalan-jalan protokol, termasuk titik-titik keramaian, seperti pasar, supermarket, perumahan, dan tempat permainan didatangi. Melalui pengeras suara, petugas menyampaikan sejumlah pemberitahuan terkait pandemi Corona.

Di antaranya, masyarakat diminta tidak panik dan takut terhadap virus Corona; negara telah hadir dan sudah berusaha untuk menanggulanginya; pemerintah saat ini sedang mencari solusi mengatasi pandemi virus ini; masyarakat juga diminta untuk menghindari tempat keramaian; dan tidak keluar rumah jika tidak ada urusan penting dan mendesak.

"Yang juga tidak kalah penting adalah pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan lingkungan dan membiasakan cuci tangan sebelum makan. Jika ke luar rumah atau hendak beraktivitas, sebaiknya menggunakan masker," ujar Kapolres.

Selain di Kota Cimahi, tutur Yoris, kegiatan serupa juga dilakukan di KBB tepatnya di Kecamatan Gununghalu. Petugas polisi dan TNI berboncengan motor, membawa pengeras suara dan menyampaikan himbauan di sepanjang jalan yang dilalui.

Lewat sosialisasi ini, tutur Yoris, diharapkan masyarakat menjadi lebih peduli dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

"Pola mobile seperti itu sengaja dilakukan. Sebab kalau pola statis, dilakukan di satu tempat, dikhawatirkan bisa memancing keramaian dan banyak orang berkumpul," pungkas Yoris.

(Sindonews.com)

Personel Gabungan di Cimahi Mobile Imbau Warga Cegah Penyebaran Covid-19 Virus Corona


Loading...