TANGKIS CORONA, Ini Bacaan Qunut Nazilah Lengkap dengan Arti, Dibaca Rasulallah SAW Saat Musibah Besar

TANGKIS CORONA, Ini Bacaan Qunut Nazilah Lengkap dengan Arti, Dibaca Rasulallah SAW Saat Musibah Besar
BatamNews
Editor: Malda Life Style —Sabtu, 21 Maret 2020 19:17 WIB

Terasjabar.id - Bacaan doa Qunut Nazilah dianjurkan oleh MUI sebagai ikhtiar menangkan virus corona yang kian meluas di Indonesia.

Doa Qunut Nazilah adalah bacaan doa yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, dibaca setelah ruku’ (I’tidal) pada rakaat terakhir dalam shalat. Doa Qunut Nazilah dibaca berharap Allah SWT melenyapkan malapetaka, termasuk wabah virus corona.

Rasulullah Muhammad SAW membaca Qunut Nazilah saat terjadi malapetaka atau musibah besar yang menimpa kaum muslimin. Qunut Nazilah ini juga biasa dibaca oleh para sahabat dan generasi seterusnya setelah Rasulullah wafat.

Tentu membaca doa Qunut Nazilah ini tidak menghilangkan usaha secara lahirian sesuai anjutan pemerintah dalam mengatasi wabah virus corona.

Doa ini disarankan MUI untuk dibaca saat shalat untuk menghindari musibah virus corona.

Data terbaru, per Sabtu 21 Maret 2020, data kasus virus corona di Indonesia mencapai 450 kasus dan 48 orang yang terpapar virus corona meninggal dunia.

Mengingat virus yang berasal dari Wuhan, China ini juga menjadi pandemi di dunia, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan sejumlah fatwa.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Satu di antara imbauan yang dirilis MUI meminta umat Islam agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Caranya dengan memperbanyak ibadah, taubat, istighfar, zikir, serta membaca Qunut Nazilah di setiap shalat fardhu.

Selain itu, umat Islam juga dapat memperbanyak selawat, sedekah, dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT.

Tak lain agar diberi perlindungan dan keselamatan dari musibah dan marabahaya (doa daf’u al-bala’), khususnya dari wabah Covid-19.

Doa Qunut Nazilah adalah satu di antara amalan atau doa yang dianjurkan untuk dilakukan umat Islam saat ditimpa musibah.

Dikutip dari situs islam.nu.or.id dalam artikel berjudul Ini Doa Qunut Nazilah, doa Qunut nazilah pernah diamalkan Rasulullah SAW selama sebulan ketika kehilangan para sahabatnya di Bi’r Ma'unah.

Doa Qunut Nazilah dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib lima waktu.

Doa Qunut Nazilah diamalkan ketika umat Islam menghadapi persoalan keamanan, pertanian, bencana alam, bencana kemanusiaan, dan lainnya.

Berikut doa Qunut Nazilah sebagaimana dikutip Tribunnews.com dari islam.nu.or.id:

اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ

Lafal latin: Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk.

Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya: Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu.

Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari.

Kami mengharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Doa Qunut Nazilah selengkapnya dapat Anda simak seterusnya lewat tautan ini.

Sementara itu, dikutip dari islami.co, berikut doa Qunut Nazilah yang paling populer:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ. اَللَّهُمَّ الْعَنْ كَفَرَةَ أَهْلَ الْكِتَابِ الَّذِيْنَ يَصُدُّونَ عَنْ سَبِيْلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوْلِيَائَك. اَللَّهُمَّ خَالِفْ بَيْنَ كَلِمَتِهِمْ وَزَلْزِلْ أَقْدَامَهُمْ وَأَنْزِلْ بِهِمْ بَأْسَكَ الَّذِيْ لاَ تَرُدُّهُ عَنِ الْقَوْمِ الْمُجْرِمِيْن.

Lafal latin: Allahummaghfir lanaa walilmu’miniina walmu’minaati walmuslimiina walmuslimaati walif baina quluubihim wa aslih dzata bainihim wanashurhum ‘alaa adzuwwika wa’adzuwihim

Allahummal’an kafarata ahlal kitaabi alladzina yashudduna ‘an sabiilika wayukadzibuuna rusulaka wayuqootiluuna auliyaaika

Allahumma kholiif baina kalimihim wazalzil iqdaamahum wainzil bihim ba sakallladzii latarudduhuu ‘anilqaumil mujrimiin

Arti: Ya Allah! Ampunilah kami, kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat. Persatukanlah hati mereka. Perbaikilah hubungan di antara mereka dan menangkanlah mereka atas musuh-Mu dan musuh mereka.

Ya Allah! Laknatlah orang-orang kafir ahli kitab yang senantiasa menghalangi jalan-Mu, mendustakan rasul-rasul-Mu, dan memerangi wali-wali-Mu

Ya Allah! Cerai beraikanlah persatuan dan kesatuan mereka. Goyahkanlah langkah-langkah mereka dan turunkanlah atas mereka siksa-Mu yang tidak akan Engkau jauhkan dari kaum yang berbuat jahat.

Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah! Sesungguhnya hanya kepada Engkau kami mohon pertolongan.

Doa Qunut Nazilah selengkapnya, bisa Anda simak lewat tautan ini.

MUI dalam rilisnya, juga menuliskan doa Qunut Nazilah, yaitu:

Doa Qunut Nazilah
Doa Qunut Nazilah (mui.or.id)

Lafal: Allahummahdini fi man hadait, wa afini fi man ‘afait wa tawallani fi man tawallait, wa barikli fi ma a’thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wa la yuqdha alaik, wa innahu la yadzillu man walait, wa la yaizzu man adait, tabarakta rabbana wa ta’alait, fa lakalhamdu ‘ala ma qadhait, astgahfiruka wa atubu ilaik.

Allahummadfa’ annal ghala’a wal waba’a wal fakhsya’a wal munkar was syuyufal mukhtalifata was syadaidal mihan, ma dzhara minha wa ma bathana, min baladina hadza khassah, wa min buldanil muslimina aammah, innaka ala kulli syai’in qadir.

wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wal hamdulillahi rabbil ‘alamin.

Arti: Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau berikan petunjuk, dan berikan aku kesehatan sebagaimana orang yang telah Engkau berikan kesehatan

dan peliharalah aku sebagaimna orang yang telah Engkau pelihara, dan berikan keberkahan kepadaku atas apa yang telah Engkau berikan, dan selamatkan aku dengan rahmat-Mu dari keburukan yang telah Engkau tetapkan,

dan sesungguhnya Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada yang bisa menetapkan sesuatu atas-Mu, dan sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau sayang,

dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Engkau Maha Mulia, wahai Tuhan kami, dan juga Maha Tinggi.

Maka segala puji bagi-Mu atas apa yang telah Engkau tetapkan, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.

Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian,

yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.

Semoga Allah menambahkan rahmat atas junjungan kami, Nabi Muhammad, nabi yang ummi, dan atas keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberikan keselamatan.

Semoga Allah menambahkan rahmat atas junjungan kami, Nabi Muhammad, segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam.

Tata Cara Membaca Doa Qunut Nazilah

1. Doa Qunut Nazilah dapat dibaca setiap salat fardu atau salat wajib pada rakaat terakhir setelah rukuk.

2. Doa Qunut Nazilah dibaca pelan saat salat Zuhur dan Ashar dan dibaca keras saat salat Subuh, Magrib, dan Isya baik dilakukan sendiri maupun berjamaah.

3. Bagi imam yang membaca doa Qunut Nazilah dapat mengubah kata ganti sendiri ‘ni‘ (mutakallim wahdah, saya) menjadi ‘na” (mutakallim ma’al ghair, kita).

Sementara makmum cukup mengaminkan saja.

Anjuran MUI Membaca Qunut Nazilah

Menyikapi wabah virus corona di Indonesia, pihak MUI menghimbau umat beragama Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar terhindar dari musibah.

Salah satu ikhtiar agar tergindar dari musibah adalah membaca doa Qunut Nazilah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekjen MUI KH SHolahuddin Al Aiyub saat membacakan tausiyah tersebut di hadapan media di kantor MUI Pusat pada hari Selasa (03/3/2020) lalu.

“Caranya dengan memperbanyak taubat, memohon ampun kepada Allah Azza wa Jalla, meninggalkan perilaku dzalim, memperbanyak sedekah, dan meninggalkan permusuhan, karena penyebaran virus corona ini bisa jadi merupakan peringatan dari Allah SWT agar umat Islam semakin mendekatkan diri kepada-Nya,” ujarnya, dikutip Mui.or.id, Selasa (17/3/2020).

Anjuran membaca doa Qunut Nazilah dilakukan setiap shalat fardhu.

Doa Qunut Nazilah adalah doa untuk menangkal turunnya musibah atau malapetaka.

(Tribunjabar.id)

Corona Bacaaan Qunut Rasulallah


Loading...