Meski Lockdown Salat Jumat Di Masjid Al'Jihad Dipadati Jamaah

Meski Lockdown Salat Jumat Di Masjid Al'Jihad Dipadati Jamaah
Suasana Salat Jumat di Masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan, Junat (20/3/2020).
Editor: Admin Teras Kuningan —Sabtu, 21 Maret 2020 09:04 WIB

Terasjabar.id - Kegiatan salat Jumat di Masjid Al'Jihad Cigugur Kecamatan Cigugur Kuningan dipadati jamaah, meski dalam situasi Lockdown terkait dampak penyakit Covid-19. Aktivitas umat muslim di wilayah ini nampak tenang  dan melaksanakan ibadah Salat Jumat (20/3/2020) dalam situasi aman, lancar dan tertib. Demikian dikatakan ketua DKM Al'Jihad Kelurahan Cigugur Ust Apon Apandi saat diwawancarai seusai Salat Jumat (20/3/2020).

Semetara itu, Salat Jumat di Masjid Agung Syiarul Islam Kita Kuningan juga berlangsung aman dan tertib, namun jumlah jamaahnya cenderung agak berkurang dari biasanya.

Ketua DKM Syiarul Islam Kuningan Drs H Yayan Sofyan,MM ketika diwawancarai mengatakan,” kalau pada Salat Jumat pekan lalu jumlah jamaah di masjid Agung Syiarul Islam selalu penuh. Selain warga muslim kelurahan kota Kuningan,  karyawan dan pedagang seputar kawasan masjid, juga kerap dipenuhi pelancong muslim yang singgah di masjid ini,” tuturnya.

Berkurangnya jamaah pada Jumat ini (20/3/2020) tutur H Yayan bisa dilihat dari jumlah barisan shaf yang berkurang. Biasanya, masjid Syiarul Islam ini  selalu dipadati jamaah, paparnya.

Suasana Salat Jumat di Masjid Agung Syiarul Islam Kota Kuningan, Junat (20/3/2020).

Fasilitas yang kami siapkan terkait Covid-19, pihak DKM menyiapkan alat kebersihan, sabun di tempat wudhu dan toilet. Hal ini dimaksudkan agar jamaah bisa beribadah dengan tenang, nyaman dan terhindar dari penyebaran virus corona, imbuhnya.

Hasil pemantauan di beberapa masjid, jamaah salat Jumat cukup banyak, seperti di Masjid Al'Islah KPR BTN Cigugur, Masjid Al'Ikhlas Civicung Kuningan dan di Masjid Istiqomah Jalan Otista Pasapen Kuningan. Jumlah jamaahnya amat  banyak sehingga praktis sebagian jamaah salatnya di luar masjid.

Drs H Yayan Sofyan menyampaikan himbauan MUI Kabupaten Kuningan, agar para jamaah memperbanyak sedekah, berdzikir, taubat serta memohon ampunan kepada Allah SWT.  Dengan adannya penyebaran pandemi corona (Covid-19) mari kita ambil hikmahnya, papar H Yayan.

Hal ini mengingatkan  umat Islam untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, artinya kita harus semakin mendekatkan diri kepada Sang Khaliq dengan meninggalkan  kemaksiatan maupun perbuatan tidak terpuji, harapnya.

 

(H WAWAN JR)

Meski Lockdown Salat Jumat Di Masjid Al'Jihad Dipadati Jamaah Covid-19. Virus Corona


Loading...