Gubernur Jawa Barat Memohon Kepada Warganya yang Akan Menggelar Resepsi Pernikahan Dalam Waktu Dekat Untuk Menundanya, Antisipasi Penyebaran Virus Korona

Gubernur Jawa Barat Memohon Kepada Warganya yang Akan Menggelar Resepsi Pernikahan Dalam Waktu Dekat Untuk Menundanya, Antisipasi Penyebaran Virus Korona
(SUKABUMIUPDATE.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 20 Maret 2020 14:48 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil memohon kepada warganya yang akan menggelar resepsi pernikahan dalam waktu dekat, untuk menundanya sampai wabah virus corona Covid-19 mereda.

Namun demikian, Gubernur yang akrab disapa Emil ini mengatakan, untuk acara akad nikahnya bisa dilaksanakan jika itu tidak bisa ditunda.

"Soal pernikahan, syariatnya adalah akad nikahnya yang penting, itu yang utama, resepsi mah nomor dua, bisa ditunda," kata Emil di Gedung Sate, Jumat (20/3/2020).

Emil mengatakan keberadaan virus corona ini membuat berbagai kegiatan yang mengumpulkan banyak orang harus disesuaikan, termasuk salat berjamaah, pengajian, salat jumat, dan ibadah massal lainnya.

Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 ()

Di Malaysia yang sudah memberlakukan lockdown contohnya, ada yang sampai melakukan resepsi pernikahan secara drive thru.

"Jadi pilihannya, bisa akadnya dulu kemudian resepsi belakangan atau menunda dulu (akad dan resepsi) sampai suasana aman dan nyaman. Atau seperti di Malaysia, ada drive thru, resepsi tidak ramai-ramai," katanya.

Emil mengatakan resepsi pernikahan memang tidak diwajibkan syariat, sedangkan pernikahannya yang cukup dengan akad nikah adalah sebuah ibadah.

"Tapi poin saya, tidak perlu mengurangi kewajiban karena nikah adalah ibadah, tinggal caranya menyesuaikan. Semua ini berubah dengan adanya corona, maka kebiasaan pun menyesuaikan," katanya. Disadur dari Tribunjabar.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Gubernur Jawa Barat Resepsi Pernikahan


Loading...