Awas Corona Mengintai: Setir Mobil Bisa Lebih Kotor Dibanding Toilet

Awas Corona Mengintai: Setir Mobil Bisa Lebih Kotor Dibanding Toilet
Setir mobil berpotensi mengandung banyak bakteri jika jarang dibersihkan (PublicDomainPictures/Pixabay)
Editor: Admin Teras Techno —Jumat, 20 Maret 2020 09:30 WIB

Terasjabar.id -  Di tengah pandemi corona, muncul hasil penelitian yang menyebut setir mobil lebih kotor dibanding toilet. Jumlah bakterinya malah 19 kali lebih banyak di setir.

Demikian hasil penelitian yang disampaikan oleh Ageas, dikutip dari The Sun. Disebutkan kalau di setir mobil rata-rata terdapat 3.826 unit bakteri pada setiap 1 inchi persegi.

Yang mengejutkan, angka tersebut 19 kali lebih buruk dibanding jumlah bakteri yang ditemukan pada dudukan toilet pada luas bidang yang sama.


Dengan rata-rata pengendara menghabiskan tiga sampai empat jam perjalanan dalam mobil, maka peluang tertular berbagai penyakit dianggap terbuka lebar. Termasuk virus corona yang kini tengah jadi pandemi dunia.

Bakteri dan kotoran tersebut sebagian besar juga menempel di tongkat transmisi, kenop pintu, dan juga karpet mobil. Jika tidak sering dibersihkan, semua bisa terbawa masuk ke dalam rumah.

Beberapa pemilik kendaraan kerap menunggu beberapa minggu untuk membersihkan kendaraan. Ini berpotensi membuat bakteri bisa terus berkembang. Di tengah pandemi corona saat ini, pemilik kendaraan diingatkan untuk membersihkan kabin mobil setiap hari menggunakan alat-alat kebersihan standar mobil.

(Detik.com)

Awas Corona Mengintai: Setir Mobil Bisa Lebih Kotor Dibanding Toilet Virus Corona Covid-19


Loading...