Bus TMB Koridor 5 Bandung Sepi Penumpang, Sehari Paling Cuma Angkut 20 Orang

Bus TMB Koridor 5 Bandung Sepi Penumpang, Sehari Paling Cuma Angkut 20 Orang
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Kamis, 19 Maret 2020 16:16 WIB

Terasjabar.id - Sejak dioperasikan pertama kali pada November 2019, koridor 5 Trans Metro Bandung (TMB) selalu sepi penumpang. Rute itu melintasi Antapani hingga Stasiun Hall.

Pantauan Tribun dari sepanjang rute yang dilalui transportasi publik mulai dari Terminal Antapani hingga Stasiun Hall Bandung di Jalan Kebonjati selama pekan ini, bus itu mayoritas sepi penumpang.

Rata-rata yang terlihat penumpangnya tidak pernah lebih dari lima orang. Sedangkan pantauan di kawasan Terusan Jalan Jakarta, bus selalu kosong.

Adapun bus itu bisa menampung 20 orang untuk posisi duduk. Jika dengan penumpang berdiri, total bisa mencapai 40 penumpanng untuk satu bus.

Ternyata, kondisi sepinya penumpang koridor 5 TMB ‎diakui sopir dan kondektur bus TMB, saat ditemui di Terminal Stasiun Hall, Kamis (19/3/2020).‎ Saat diluncurkan, bus TMB koridor 5 disediakan pemerintah hingga 15 bus.


"Iya memang sejak beroperasi selalu sepi penumpang," ujar Dani, sopir Bus TMB‎.

Di Terminal Stasiun Hall, saat berbincang dengan Dani, dua bus standbye menunggu penumpang. Selama kurang lebih 30 menit memantau, penumpang yang naik tidak lebih dari lima orang.

"Ya begini kang seperti yang terlihat. Paling-paling satu rit (keberangkatan pulang pergi) paling banyak penumpang," kata Dani.

Kondekturnya, Coki mengatakan hal yang sama. Menurut keduanya, setidaknya ada dua hal yang menjadi penyebab sepinya penumpang bus TMB koridor 5.

"Pertama karena bus ini tidak bisa ambil penumpang di Terminal Antapani. Jadi penumpangnya kayaknya banyak, tapi kami tidak bisa ambil di terminal karena ada angkot," ujar dia.

Sehingga, bus itu baru bisa mengangkut penumpang di Jalan Jakarta setelah jembatan layang Antapani. "Dari sana baru bisa. Tapi tetap saja pengalaman kemarin selalu sepi penumpang," ucap dia.

Dani menambahkan, banyak warga yang belum tahu soal eksistensi koridor 5 TMB. Padahal menurut dia, jika warga memanfaatkan koridor 5 TMB, bisa mengurangi kemacetan di sekitar Antapani.


"Karena mungkin banyak yang belum tahu soal koridor 5 TMB," ucap dia.

Saking sepinya, kata keduanya, dalam sehari dari pukul 06.00 hingga pukul 17.00, penumpang rata-rata tidak pernah lebih dari 20 orang. Tarif koridor 5 TMB yakni Rp 4 ribu untuk jarak jauh dan dekat.

"Kalau dihitung rata-rata sehari, paling penumpang nya 20 orang kang, itu dari pagi sampai sore. Padahal biayanya sih murah, Rp 4 ribu saja," kata dia.

Di sisi lain, di tengah sepinya penumpang bus koridor 5 TMB, biaya operasional tetap berjalan. Seperti ‎biaya bensin solar hingga operasional teknis kendaraan.

"Kalau bensin mah ya jalan terus. Saya kurang tahu persis berapa bensin sehari," ujar Coki dan Dani.

(Tribunjabar.id)

TMB Koridor Satsiun Trans Studio Virus Corona Antapani


Loading...