Ratusan Ribu Wisatawan Mancanegara Diperkirakan Batal Berkunjung Ke Pulau Dewata Jika Isu Virus Korona Belum Berakhir Hingga Akhir Maret

Ratusan Ribu Wisatawan Mancanegara Diperkirakan Batal Berkunjung Ke Pulau Dewata Jika Isu Virus Korona Belum Berakhir Hingga Akhir Maret
(iNews.id/Aris Wiyanto : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 18 Maret 2020 18:51 WIB

Terasjabar.id  Pariwisata Bali terkena dampak signifikan pandemi virus korona. Ratusan ribu wisatawan mancanegara diperkirakan batal berkunjung ke Pulau Dewata jika isu virus korona belum berakhir hingga akhir Maret.

“Jadi kita asumsikan dari data yang ada diprediksi sampai akhir bulan itu (penurunan) mencapai sekitar 330.000,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa di Denpasar, Rabu (18/3/2020).

Astawa mengatakan, merujuk pada data yang dipegang Dinas Pariwisata, terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Bali.

Penurunan terpantau sejak Februari sejak kasus virus korona di dunia mulai merebak. Astawa menduga, penurunan masih akan terus berlanjut hingga keadaan menjadi normal.

Berdasarkan data, kunjungan wisatawan asing periode Februari 2020 berkurang 50.000 orang dibandung periode yang sama pada 2019.

Astawa menuturkan, destinasi wisata yang mengalami penurunan kunjungan yaitu destinasi wisata yang menjadi tujuan favorit wisatawan asal China seperti Benoa, Nusa Penida, dan Kintamani.

Sedangkan tempat penginapan yang menjadi pilihan favorit wisatawan China yang mengalami penurunan tingkat hunian berada di kawasan Kuta dan Ubud.

Astawa mengatakan meskipun jumlah wisatawan asing merosot, namun jumlah wisatawan asing ke Bali masih terbilang banyak dari Australia, Amerika, dan Rusia. Disadur dari iNews.id

Virus Korona Wabah Virus Korona Pandemi Virus Korona Turis Pariwisata Bali


Loading...