Ini Sejumlah Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong

Ini Sejumlah Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong
Minum air putih saat perut kosong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. / Foto: ilustrasi/Medical News Today
Editor: Admin Teras Health —Rabu, 18 Maret 2020 09:40 WIB

Terasjabar.id - Tubuh kita 70% terdiri dari air, oleh sebab itu kecukupan air dalam tubuh harus diperhatikan. Air juga dibutuhkan untuk menjalankan fungsi-fungsi penting dalam tubuh seperti menjaga suhu tubuh, melindungi jaringan-jaringan sensitif, melumasi sendi dan lainnya.

Selain itu, ketika kita merasa haus atau setelah mengonsumsi makanan pedas pastinya dibutuhkan segelas air. Perlu anda ketahui, bahwa minum air putih saat perut kosong memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah manfaat tersebut, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air dapat bantu program penurunan berat badan karena adanya efek termogeniknya. Minum air saat perut kosong diyakini akan mempercepat metabolisme, sehingga membantu penurunan berat badan.

2. Menghilangkan Racun

Membantu mengeluarkan racun dari tubuh adalah manfaat lain dari minum air putih di pagi hari. Pasalnya, ginjal membutuhkan air untuk membuang limbah kotoran dari aliran darah dan membuangnya berbentuk urine.

3. Membersihkan Usus


Minum air putih pada saat perut kosong di pagi hari dapat membantu membersihkan usus Anda. Di sini, air berperan membuat keteraturan usus dan membantu mengatur saluran pencernaan.

4. Menurunkan Asupan Kalori

Minum air sebelum sarapan sangat bermanfaat, karena dapat mengurangi asupan kalori. Jadi, disarankan minum air putih setidaknya 30 menit sebelum sarapan.

5. Meningkatkan Kinerja Mental

Minum segelas air setelah bangun tidur diyakini dapat membantu meningkatkan kinerja mental termasuk dalam hal mengingat dan mempelajari hal-hal baru.

6. Menjaga Organ Dalam Tubuh Tetap Sehat

Minum air putih saat perut kosong dapat membantu organ dalam tubuh untuk berfungsi dengan baik, sehingga sistem limfatik Anda tetap sehat dan membantu menyeimbangkan cairan tubuh. 



(Sindonews.com)

Ini Sejumlah Manfaat Minum Air Putih saat Perut Kosong


Loading...