Cegah Corona, Pengelola Objek Wisata di Lembang Siapkan Hand Sanitizer bagi Wisatawan

Cegah Corona, Pengelola Objek Wisata di Lembang Siapkan Hand Sanitizer bagi Wisatawan
Wisatawan di objek wisata Lembang Park & Zoo mendapatkan fasilitas hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk untuk mengantisipasi penularan virus Corona. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
Editor: Admin Teras KBB —Selasa, 17 Maret 2020 08:11 WIB

Terasjabar.id -  Sejumlah objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan upaya preventif dan antisipasi penularan virus Corona (Covid-19).

Seperti, melakukan sterilisasi kawasan wisata dengan menyemprotkan disinfektan dan menyiapkan hand sanitizer untuk pengunjung.

Manager Operasional Lembang Park & Zoo Iwan Susanto mengatakan, untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung pihaknya memberikan beberapa fasilitas tambahan untuk mencegah penularan virus Corona. 

Di internal Lembang Park & Zoo, kata Iwan, karyawan setiap hari membersihkan kandang. Termasuk membersihkan railing/tempat pegangan dan mesin barcode di pintu masuk pengunjung.

"Sekarang kan lagi merebak virus Corona makanya kami juga antisipasi untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Beberapa titik, seperti mesin barcode dan railing, dibersihkan, sudah dari sejak akhir pekan lalu," kata Iwan di Lembang Park & Zoo, Senin (16/3/2020).

Iwan mengemukakan, fasilitas hand sanitizer ini benar-benar dimanfaatkan oleh para pengunjung. Mereka juga menyadari pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari ancaman penularan virus tersebut.

Di bagian lain, Iwan mengaku, akibat merebaknya virus Corona, jumlah kunjungan wisatawan ke Lembang Park & Zoo mengalami penurunan sekitar 10%.

Disinggung apakah pihaknya akan melakukan penutupan sementara kunjungan untuk wisatawan seperti di Jakarta, Iwan menyebutkan tidak akan meniru kebijakan tersebut.

Apalagi imbauan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan KBB terkait hal tersebut juga belum ada. Yang dilakukan pengelola adalah melakukan upaya preventif dan memastikan Lembang Park & Zoo aman untuk dikunjungi.

"Sampai sekarang belum ada surat imbauan untuk menutup wisata dari Dinas Pariwisata, makanya kami tetap buka walupun dengan melakukan berbagai antisipasi pengamanan. Kalau untuk jumlah kunjungan wisatawan, jika di hari-hari biasa ada sekitar seribu pengunjung maka sekarang turun sekitar 10%-nya," ujar dia.

Salah seorang pengunjung warga Jakarta Ucok mengaku sangat senang berkunjung ke Lembang Park & Zoo. Memang saat ini Virus Corona sedang mengancam, tapi dia yakin setelah melihat pihak manajemen membersihkan beberapa titik menggunakan hand sanitizer, itu membuat dirinya merasa aman.

"Saya melihat manajemen di sini cukup aktif memperhatikan kebersihan. Apalagi dengan kondisi seperti sekarang, karyawannya membersihkan banyak titik dengan menggunakan hand sanitizer," tutur Iwan.

Sementara itu, Head of Marketing Communications The Lodge Maribaya Puji Fauziah Setia Rahayu, mengatakan belum ada rencana penutupan tempat wisata akibat mewabahnya Covid-19.

Sebagai bentuk antisipasi, pengelola The Lodge Maribaya juga menyediakan fasilitas hand sanitizer dan alat pengecekan suhu tubuh dengan termometer infrared.

"Sampai saat ini kami masih beroperasi dan belum ada rencana menutup. Tapi memang kalau untuk pengunjung ada penurunan sekitar 30% sejak isu Corona merebak," tandas Puji.

(Sindonews.com)

Cegah Corona Pengelola Objek Wisata di Lembang Siapkan Hand Sanitizer bagi Wisatawan Virus Corona Covid-19 Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...