Advertisement

Viral Cek Corona Mandiri Bayar Rp 700 Ribuan, Ini Faktanya

Viral Cek Corona Mandiri Bayar Rp 700 Ribuan, Ini Faktanya
Dirut RSUP Persahabatan menegaskan tidak ada tes virus corona untuk orang sehat. (Foto: Firdaus/detikHealth)
Editor: Dea Berita Viral —Sabtu, 14 Maret 2020 08:38 WIB

Terasjabar.id - Di media sosial beredar cerita netizen yang melakukan tes virus corona COVID-19 ke rumah sakit dengan membayar Rp 700 ribuan. Satu cerita yang diunggah pada hari Jumat (13/3/2020) di Twitter misalnya sudah mendapat lebih dari sembilan ribu retweet dan mengundang 165 komentar.

Dilansir dari detik.com, diceritakan bahwa ia menjalani cek suhu, berat badan, tensi, darah, dan rontgen paru-paru. Ia juga menyertakan foto surat keterangan sehat dari RSUP Persahabatan.

Terkait hal tersebut, ahli penyakit dalam dr Dirga Sakti Rambe, SpPD, menjelaskan kekeliruan tes corona di Indonesia. Apa yang viral sebetulnya bukan tes corona melainkan tes kesehatan umum. Tes corona dilakukan dengan menggunakan tes swab dan hanya untuk kasus yang diduga kuat seperti memiliki riwayat kontak dengan pasien positif atau baru kembali dari negara terjangkit.


"Selama enggak swab, enggak bisa dipastikan corona," kata dr Dirga pada detikcom.

Direktur Utama RSUP Persahabatan dr Rita Rogayah, SpP(K), MARS, pernah menegaskan bahwa pihaknya sendiri tidak menyarankan orang-orang yang sehat datang untuk 'cek corona'. Alasannya karena memang tidak ada pemeriksaan tersebut.

"Masyarakat mulai khawatir terutama kantor-kantor nih. Kalau ada karyawannya pulang dari bepergian diminta surat sehat sehingga ini membuat mereka jadi bingung dan datang ke kami," kata dr Rita beberapa waktu lalu.

"Sebetulnya kami tidak anjurkan pemeriksaan mandiri seperti itu karena pada orang sehat tidak ada pemeriksaan corona... Kami akan berikan surat pernyataan tapi bukan bebas corona," pungkasnya.

Viral Cek Corona Mandiri Bayar Rp 700 Ribuan Ini Faktanya


Related Post



Loading...