PKL di Jalan Otista Bandung Akan Ditata, Relokasi Menjadi Prioritas Utama

PKL di Jalan Otista Bandung Akan Ditata, Relokasi Menjadi Prioritas Utama
KAWASAN PKL Cicadas di Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.* /RIO RIZKY PANGESTU
Editor: Admin Teras Bandung —Jumat, 13 Maret 2020 09:59 WIB

Terasjabar.id -  Terdapat wacana dengan bahasan penanganan pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sepanjang Jalan Otista. Penanganan berupa relokasi menjadi prioritas, mengingat ada pusat perbelanjaan dengan kapasitas memadai yang berada di sekitar Jalan Otista. Wacana penanganan tersebut baru tahap obrolan informal di lingkungan Satuan Tugas Khusus (Satgasus) PKL.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) Kota Bandung sekaligus Sekretaris Satgasus PKL, Atet Dedi Handiman mengemukakan, sudah ada obrolan informal perihal rencana penanganan PKL yang berjualan di sepanjang Jalan Otista. Kelanjutan dari obrolan informal, jajaran Satgasus PKL bakal menyusun perencanaan, kemudian membahas secara formal di dalam forum.

"Becermin dari langkah sebelumnya, kami mengutamakan bentuk penangangan relokasi daripada penataan untuk titik yang tersedia pusat perbelanjaan. PKL masuk ke pusat perbelanjaan, sebagaimana penanganan (PKL) yang terjumpa di sekitar Kosambi, Jalan Ahmad Yani," tutur Atet di Bandung, beberapa waktu lalu.

Peninjauan situasi di lokasi, ucap Atet, bakal termasuk bagian perencanaan penanganan PKL sepanjang Jalan Otista. Demikian pula kesediaan pedagang pindah lokasi berjulan, beserta kesiapan pengelola pusat perbelanjaan menyediakan ruang.

Berdasarkan pendataan Satgasus, terdapat sekitar 5.200 PKL, tersebar pada 17 titik di Kota Bandung. Wakil Wali Kota Bandung sekaligus Ketua Satgasus PKL Yana Mulyana mengatakan, penataan tempat berjualan PKL bakal terus berjalan. Pihaknya menjalankan penataan titik-titik tempat berjualan PKL secara bertahap.

Pada kesempatan terpisah, Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan, penanganan area di sekitar Jalan Otista termasuk bagian perencanaan mendatang. Pihaknya memahami, terdapat banyak kepentingan masyarakat atas aktivitas di sepanjang Jalan Otista.

Becermin dari penataan PKL Cicadas, Oded optimistis, penanganan area di sekitar Jalan Otista bisa berjalan pada masa mendatang.

"Seumpama tidak bisa secara sekaligus, langkah penanganan berjalan secara perlahan. Mendahulukan aspek yang paling memungkinkan atas target-target penanganan," ucap dia.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, kepolisian menjalankan langkah sesuai tugas pokok dan fungsi dalam penanganan Jalan Otista, yakni menertibkan tindakan pengendara saat berlalu lintas. Pihaknya pun telah berupaya mengimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar turut menjaga ketertiban lalu lintas.

(Pikiran-rakyat.com)

PKL di Jalan Otista Bandung Akan Ditata Relokasi Menjadi Prioritas Utama


Loading...