Beberapa Fakta Dibalik Gagalnya Liverpool Mempertahankan Trofi Liga Champions, Kalah Dari Atletico Madrid

Beberapa Fakta Dibalik Gagalnya Liverpool Mempertahankan Trofi Liga Champions, Kalah Dari Atletico Madrid
(Sky News : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 12 Maret 2020 14:17 WIB

Terasjabar.id – Liverpool gagal mempertahankan trofi Liga Champions. Mereka terhenti di babak 16 besar setelah kalah agregat 2-4 dari Atletico Madrid.

Pada leg pertama, Liverpool keok 0-1 di Estadio Wanda Metropolitano. Lalu saat leg kedua diadakan di Anfield Stadium, Kamis (12/3/2020) dini hari WIB, Liverpool dipermalukan dengan skor 2-3.

Karena hasil buruk ini, Liverpool jadi tim Inggris kedua yang tersingkir dari Liga Champions 2019/2020 setelah Tottenham Hotspur. Uniknya kedua tim merupakan finalis Liga Champions di musim lalu.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya yang dikutip dari Opta. Berikut ulasannya:

1. Liverpool memainkan babak tambahan di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak April 2008. Ketika itu mereka bertarung melawan Chelsea saat semifinal Liga Champions diadakan Stamford Bridge Stadium. Di laga tersebut, Liverpool juga tersingkir.

2. Liverpool tersingkir pada babak 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2006. Kala itu The Reds juga menyandang status juara bertahan dan ditaklukkan oleh Benfica.

3. Gol yang dicetak Roberto Firmino dan Marcos Llorente di pertandingan ini hanya berjarak 167 detik.

4. Firmino baru mencetak gol lagi di Anfield setelah 'puasa' di 20 pertandingan dalam semua kompetisi. Terakhir kali dia menciptakan gol terjadi saat Liverpool bersua Porto, April 2019 lalu (337 hari).

5. Kiper Atletico, Jan Oblak membuat sembilan penyelamatan saat melawan Liverpool. Itu jadi jumlah terbanyak yang dilakukan kiper lawan saat tampil di Anfield Stadium.

6. Sejak awal musim 2017/2018, kiper Liverpool telah membuat lebih banyak kesalahan yang berujung gol di Liga Champions dibanding penjaga gawang tim lain. Dari empat kesalahan, satu di antaranya dilakukan oleh Adrian. Sementara tiga lainnya dilakukan Loris Karius.

7. Empat dari lima gol Georginio Wijnaldum di Liga Champions tercipta pada fase sistem gugur. Tiga gol di antaranya lahir melalui sundulan.

8. Tiga gol yang didapat Atletico pada laga ini diciptakan mantan pemain Real Madrid.

9. Untuk kedua kalinya dalam sejarah, Liverpool kalah di laga kandang pada kompetisi Eropa setelah unggul dua gol terlebih dahulu. Sebelumnya The Reds tumbang 2-3 saat menjamu Udinese di Liga Europa 2012.

10. Marcos Llorente menyamai prestasi Sergio Aguero. Dia jadi pemain pengganti yang bisa mengukir dua gol di Liga Champions.

11. Ini pertama kalinya Liverpool gagal melaju dari pertandingan dua leg di kompetisi Eropa (termasuk kualifikasi) di bawah arahan Jurgen Klopp. Sebelumnya Mohamed Salah Cs selalu lolos dalam 10 kesempatan.

12. Pelatih Atletico, Diego Simeone tidak pernah kalah di babak gugur Liga Champions kecuali melawan tim yang diperkuat Cristiano Ronaldo.

Disadur dari iNews.id

Liverpool Atletico Madrid Liga Champions 2019 - 2020


Loading...