Kapolri Janji Copot Panitia Penerimaan Polri yang Terima Sogokan

Kapolri Janji Copot Panitia Penerimaan Polri yang Terima Sogokan
M IQBAL MAULUD/PR
Editor: Admin Hot News —Rabu, 11 Maret 2020 15:52 WIB

Terasjabar.id -  Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menegaskan siap copot panitia-panitia yang terima sogokan pada saat penerimaan anggota Polri. Baik itu di tingkat tamtama, bintara, perwira sumber sarjana maupun pada saat penerimaan akademi kepolisian (Akpol).

Hal tersebut disampaikan Idham saat membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) SDM Polri Tahun Anggaran 2020. Kegiatan rapat tersebut bertempat di Pusdikmin Lemdiklat Polri, di Jalan Gedebage, Kota Bandung pada Rabu 11 Maret 2020.

"Tadi setelah saya membuka acara ini saya langsung memberikan arahan kepada para anggota, khususnya yang terlibat langsung penerimaan anggota Polri. Saya ingin rekrutmen Polri nantinya berjalan dengan penuh kejujuran," ucapnya.

Menurut Idham prinsip penerimaan anggota Polri harus mengedepankan prinsip 'Betah' yaitu bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Jadi nantinya anggota di lingkup eksternal maupun internal Polri mesti bekerja sama dan menunjukkan sikap transparan dalam proses rekrutmen.

"Jadi saya kembali tegaskan transparansi penerimaan anggota Polri harus jujur, dan yang utama adalah transparan. Koordinasi eksternal dan internal pun harus sama-sama menjaga agar proses penerimaan berjalan baik," katanya.

Kemudian, Idham pun mengingatkan agar tidak ada transaksi 'bayar-bayar' dalam proses rekrutmen untuk membangun kualitas sumber daya yang unggul. Dia menegaskan, bakal mencopot panitia yang diketahui melakukan transaksi 'bayar-bayar'.

"Itulah komitmen kami dari Polri agar nantinya anggota Polri di masa datang kualitasnya akan semakin baik. Yah itu tadi sumber daya yang unggul nantinya akan banyak tercipta," katanya.

Oleh karena itu Idham berharap dengan penerimaan yang memprioritaskan prinsip 'Betah' ini, citra Polri akan semakin baik. Terutama dikarenakan prosesi perekrutan pun dijalankan dengan sebaik mungkin dan bisa menghasilkan anggota-anggota terbaik Polri. Baik dari tamtama, bintara, perwira sumber sarjana dan akpol.

Dilansir dari laman penerimaan.polri.go.id, pendaftaran Bintara Polri telah dibuka sejak tanggal 7 hingga 20 Maret mendatang. Sejumlah persyaratan mesti dipenuhi para pendaftar seperti berkewarganegaraan Indonesia hingga berpendidikan paling rendah SMA dan sederajat.‎

(Pikiran-rakyat.com)

Kapolri Janji Copot Panitia Penerimaan Polri yang Terima Sogokan Akpol


Loading...