Viral Prajurit TNI AL Berjoget TikTok di Dasar Laut Makassar

Viral Prajurit TNI AL Berjoget TikTok di Dasar Laut Makassar
Para pasukan katak dari TNI AL berjoget TikTok di dasar laut Pulau Kodingareng Keke, Kota Makassar, Sulsel. (Foto: iNews/Leo Muhammad Nur)
Editor: Admin Teras Viral —Rabu, 11 Maret 2020 15:16 WIB

Terasjabar.id -  Sebuah video aksi para prajurit TNI Angkatan Laut (AL) berjoget TikTok di dasar laut Makassar mendadak viral di media sosial (medsos). Mereka diketahui merupakan personel Lantamal VI Makassar. Aksi tidak biasa dari pasukan katak ini dilakukan setelah mereka menurunkan media transplantasi terumbu karang di dasar laut Pulau Kodingareng Keke, Kota Makassar, Sulsel.

Dikutip dari Sindonews.com, Kadispen Lantamal VI Makassar, Kapten Suparman Sulo, mengatakan para prajurit selam TNI AL tersebut berjoget TikTok untuk menghibur diri saat mereka berada di dasar laut Makassar. Mereka berjoget saat penurunan 24 modul transplantasi terumbu karang berbentuk Garuda. Kegiatan itu sebagai persiapan kegiatan nasional dari Mabes TNI AL yakni Garuda di Lautku.

“Video tentang Garuda di Lautku yang sontak viral itu memang dilaksanakan para penyelam Garuda di Lautku. Ini dilaksanakan setelah sukses menurunkan 24 dari 45 media transplantasi terumbu karang yang nanti akan membentuk burung Garuda di dasar laut Pulau Kodingareng Keke,” kata Kapten Suparman Sulo.


Suparman mengatakan selain untuk menghibur diri, para penyelam itu juga berjoget TikTok guna melepaskan lelah. Para penyelam yang berpartisipasi merupakan penyelam profesional. Mereka berasal dari Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada II (Dislambair), Prajurit Pasukan Khusus Korps Marinir TNI AL atau Intai Amfibi (Taifib). Selain itu juga dari Satuan Brimob Polda Sulsel dan dari Komando Pasukan Katak (Kopaska).

“Jadi ini memang para penyelam profesional yang telah sukses menurunkan modul transplantasi terumbu karang kebangsaan di dasar laut Kodingareng Keke,” katanya.

Video TikTok itu juga bentuk kreativitas yang diinisiasi TNI AL sebagai wujud sadar laut, yang merupakan implementasi Pancasila di era milenial. Kegiatan ini untuk membangkitkan nilai Pancasila di kalangan masyarakat umum, terutama kalangan para generasi muda penerus bangsa.

Salah satu caranya dengan merawat laut dan terumbu karang. Apalagi, kondisi terumbu karang di dasar laut Pulau Kodingareng Keke juga saat ini terancam. “Ini memang komitmen dari program Garuda di Lautku, bahwa program ini ala milenial, bagaimana menggelorakan Pancasila di era milenial, sehingga pelaksanaannya pun penuh dengan fun, dan enjoy,” kata Kapten Suparman Sulo.

Kapten Suparman mengatakan nantinya media transplantasi terumbu karang di dasar laut itu membentuk Garuda Pancasila. Kegiatan di dasar laut itu sebagai persiapan event nasional dari Mabes TNI AL, yakni Garuda di Lautku, pada 18 Maret 2020 mendatang.

Terumbu karang berbentuk Garuda itu diharapkan dapat mengangkat potensi wisata maritim di Sulsel. Kodingareng Keke akan menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya penikmat wisata laut. Ke depan, ini juga diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat kepulauan dan sekitarnya.

Viral Prajurit TNI AL Berjoget TikTok di Dasar Laut Makassar


Loading...