Harga Minyak Dunia Anjlok, Harga BBM di Indonesia Harus Turun Juga

Harga Minyak Dunia Anjlok, Harga BBM di Indonesia Harus Turun Juga
Turunnya harga minyak dunia hingga USD36 per barel seharusnya dibarengi dengan turunnya harga BBM di pasaran. Foto/Dok/ SINDOphoto
Editor: Admin Teras Bisnis —Senin, 9 Maret 2020 15:56 WIB

Terasjabar.id -  Harga minya dunia anjlok hingga menyentuh USD36 per barel. Sejumlah kalangan menyarankan penurunan harga itu seharusnya dibarengi dengan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) di pasaran oleh badan usaha yang beroperasi di Indonesia, baik itu Pertamina, Shell, Total, BP dan Exxon Mobil.

“Penurunan harga minyak dengan rata-rata USD40 per barel harus dibarengi dengan turunnya harga BBM di pasaran oleh badan usaha. Pemerintah harus segera mendorong supaya harga BBM turun,” kata Pengamat Energi dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta Fahmy Radhi, di Jakarta, Senin (9/3/2020).

Menurut dia, penurunan harga BBM tidak hanya untuk BBM non subsidi. Anjloknya harga minyak dunia, imbuhnya, seharusnya juga dibarengi dengan penurunan harga BBM penugasan premium dan BBM subsidi jenis solar. “Pertamina harus segera menurunkan semua harga BBM baik BBM non-subsidi, BBM penugasan maupun harga BBM subsidi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, harga minyak dunia anjlok karena kelebihan pasokan. Rusia menolak melakukan penurunan produksi sehingga harga minyak dunia semakin menurun.


“Anjloknya harga minyak dunia disebabkan karena kelebihan pasokan. Negara-negara yang tergabung dalam OPEC berupaya menurunkan produksi hingga 1,5 juta barel. Tapi negara non OPEC seperti Rusia menolak menurunkan produksi,” katanya.

Hal senada juga dikatakan oleh Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan. Pihaknya juga mendorong supaya pemerintah meminta badan usaha menurunkan harga BBM. Adapun penurunan harga BBM, kata dia, diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat. “Harapannya dengan kondisi BBM turun akan menggerakkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Sebagai informasi, harga minyak dunia turun signifikan mengiringi keputusan Arab Saudi yang memangkas harga jual minyak. Minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) turun ke level USD32,4 per barel atau turun 21,5%, sedangkan jenis Brent merosot ke USD35,31 per barel atau turun 22%.

(Sindonews.com)

Harga Minyak Dunia Anjlok Harga BBM di Indonesia Harus Turun Juga


Loading...