Motif Pembunuhan Ai Nuryani, Mayat Perempuan Terbungkus Karung di Gununghalu Belum Diketahui

Motif Pembunuhan Ai Nuryani, Mayat Perempuan Terbungkus Karung di Gununghalu Belum Diketahui
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras KBB —Senin, 9 Maret 2020 09:59 WIB

Terasjabar.id - Dugaan pembunuhan terhadap Ai Nuryani (25) yang mayatnya ditemukan di hutan Datar Canar, Kampung Sukalaksana, RT 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum menemui titik terang.

Seperti diketahui, saat ditemukan, tubuh korban terbungkus karung dengan kondisi tubuh mengalami luka pada bagian belakang kepala, kening dan dagu akibat terkena hantanam senjata tajam.

Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengatakan, untuk mengungkap dugaan kasus pembunuhaan ini pihaknya hingga saat ini masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan saksi.

"Masih penyelidikan dan kami sudah memeriksa 10 orang saksi," ujar Yohannes saat dikonfirmasi Tribun Jabar melalui pesan singkat, Minggu (8/3/2020).

Dari 10 orang saksi tersebut hingga saat ini masih diperiksa secara intensif agar kasusnya bisa segera menemui titik terang dan pelakunya segera terungkap.

"Saksi yang sudah diperiksa itu orang-orang yang pertama kali menemukan dan terakhir melihat jenazah, termasuk pihak keluarga korban," katanya.

Sebelumnya, polisi sudah membentuk tim gabungan untuk melakukan penyelidikan termasuk memburu terduga pelaku yang telah membuat ibu muda anak satu itu ditemukan tewas di tengah hutan.

Yohannes mengatakan, tim gabungan tersebut yakni dari anggota Polres Cimahi dan anggota Polsek Gunung Halu yang dibentuk agar kasus dugaan pembunuhan ini bisa segera terungkap.

"Tim gabungan itu perintah langsung dari bapak Kapolres, sejak kemarin dari awal penemuan mayat hingga saat ini, kami masih melakukan penyelidikan," ujarnya.

Terkait motif pembunuhan ini, polisi belum bisa memastikan karena pihaknya masih melakukan pendalaman terkait masalah korban dengan orang lain.

"Kami sudah berkomunikasi dengan keluarga korban, namun keluarganya masih trauma dan syok atas kejadian ini. Hari ini kami akan kembali berkomunikasi dengan pihak keluarga," ucap Yohannes.

Fakta Pembunuhan

Mayat perempuan terbungkus karung ditemukan di hutan Datar Canar, Kampung Sukalaksana, Rt 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Jasad tersebut adalah Ai Nuryani (25), seorang ibu muda beranak satu.

Kasus tersebut terungkap setelah warga menemukan jasad Ai Nuryani pada Rabu (4/2/2020).

Penemuan Mayat

Muslih (28) menemukan jasad Ai Nuryani saat akan mencari rumput.

Awalnya ia mendengar suara pengumuman dari toa masjid tentang adanya orang hilang yang merupakan warga Kampung Sukalaksana.

Ia ikut bersama warga lain dan diberitahu mengenai ciri-ciri korban.

"Saya ikut mencari bersama warga lainnya dengan menyisir sekitar hutan yang berdekatan dengan sawah milik korban. Katanya ciri-ciri orang itu bawa karung, mau cari rumput," ujar Muslih saat ditemui di Mapolsek Gununghalu, Kamis (5/3/2020).

Polisi di lokasi penemuan mayat perempuan yang terbungkus karung di Kampung Sukalaksana, RT 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (4/3/2020).
Polisi di lokasi penemuan mayat perempuan yang terbungkus karung di Kampung Sukalaksana, RT 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (4/3/2020). (Istimewa)

Muslih mencari di sekitar hutan, ia kemudian menemukan karung putih.

Karung tersebut berada di dalam semak-semak.

Karena penasaran, Muslin meraba karung tersebut dan merasakan kaki korban.

"Sesudah diraba, saya kaget ternyata dalam karung itu ada mayat perempuan," katanya.

Muslih sontak berteriak minta tolong.

Penemuan tersebut menggegerkan warga setempat sebab kondisi korban mengenaskan.

Kejanggalan Korban

Sebelum korban dinyatakan hilang dan ditemukan dalam kondisi meninggal, Ai sempat terlihat oleh kerabatnya.

Kerabat Ai, Dani (29) melihat Ai saat berada di sawah.

Dia terakhir melihat korban pada Selasa (3/3/2020) sekitar pukul 12.30 WIB tepatnya di sekitar TKP.

Namun, ada kejanggalan pada korban.

Mayat perempuan yang ditemukan terbungkus karung di Kampung Sukalaksana, RT 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (4/3/2020).
Mayat perempuan yang ditemukan terbungkus karung di Kampung Sukalaksana, RT 1/21, Desa Sirnajaya, Kecamatan Gunung Halu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (4/3/2020). (dok polsek gununghalu)

Dani mengatakan korban tidak mengenakan kerudung.

"Saya sempat melihat korban melambaikan tangan. Tapi anehnya enggak pakai kerudung. Padahal biasanya kalau ke sawah dia pakai kerudung," kata Dani.

Baik Dani dan Muslih dimintai keterangannya sebagai saksi di Mapolsek Gunung Halu.

Diduga Korban Pembunuhan

Ai Nuryani diduga menjadi korban pembunuhan.

Penemuan mayatnya telah dilaporkan ke RW hingga aparat kepolisian.

Kapolsek Gunung Halu, AKP Yogaswara mengatakan, dugaan pembunuhan tersebut karena saat ditemukan, kondisi korban mengalami luka parah pada bagian kepala dan luka pada bagian wajah.

"Betul, berdasarkan hasil olah TKP untuk sementara mayat itu diduga korban pembunuhan karena ada luka parah pada bagian kepala," ujarnya saat ditemui di Mapolsek Gunung Halu, Kamis (5/3/2020).

Yogaswara mengatakan, luka parah pada bagian kepala perempuan itu diduga akibat terkena hantaman senjata tajam hingga menyebabkan korban meregang nyawa.

Pelipis Bolong

Mayat terbungkus karung itu mengalami luka parah pada bagian kepala.

Luka tersebut diduga menyebabkan korban meregang nyawa.

Pelipis korban bolong dan ada luka sobek pada bagian wajah.

"Pada bagian wajah korban ada luka sobek dan bagian pelipisnya bolong," kata Yogaswara.

Rumah Korban Tak Jauh dari TKP

Rumah Ai Nuryani cukup jauh dari lokasi penemuan jasad.

Yogaswara mengatakan rumah korban dan TKP berjarak sekitar 1 km.

"Kita sudah mendatangi lokasi kejadian, lokasinya berbukit melewati hutan Perhutani, waktu tempuhnya sekitar 30 menit jalan kaki," ucap Yogaswara.

Menurutnya, lokasi penemuan mayat itu merupakan area hutan dan area persawahan.

Sedangkan untuk akses jalannya banyak turunan dan tanjakan yang cukup terjal.

Ia mengatakan, hutan itu terdapat banyak pohon pinus dan berbagai macam tumbuhan seperti rumput liar yang ukurannya cukup tinggi.

Saat ini, sekitar lokasi penemuan mayat seorang ibu yang memiliki anak satu sudah dipasang garis polisi agar warga tidak memasuki lokasi penemuan mayat tersebut.

"Jarak antara sawah dengan hutannya sekitar 500 meter. Sedangkan jarak hutan ke TKP korban ditemukan tewas sekitar 100 meter," ucap Yogaswara.

(Tribunjabar.id)


Gunung Halu Pembunuhan Karung ai Nuryani


Loading...