Mengantisipasi Penyebaran Virus Korona, Masih Belum Diketahui Obatnya, Pegawai PLN Lakukan Cek Suhu Tubuh 2 Kali Sehari

Mengantisipasi Penyebaran Virus Korona, Masih Belum Diketahui Obatnya, Pegawai PLN Lakukan Cek Suhu Tubuh 2 Kali Sehari
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 8 Maret 2020 14:21 WIB

Terasjabar.id - Mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 yang masih belum diketahui obatnya, PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I (PLN UIP JBT I) mulai melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus di lingkungan kantor PLN UIP JBT I.

Pengecekan suhu tubuh mulai dilakukan oleh satuan pengamanan kantor / security kepada setiap tamu dan pegawai yang mendatangi kantor PLN UIP JBT I.

“Pengecekan suhu tubuh ini sudah kami berlakukan sejak hari Jumat, 6 Maret lalu untuk setiap tamu yang berkunjung ke kantor. Khusus pegawai, pengecekan suhu akan dilakukan 2 kali sehari setiap pagi dan sore. Jika suhu badan diatas 37,5 derajat celcius maka yang bersangkutan tidak boleh masuk ke lingkungan kantor dan akan kami anjurkan untuk melakukan pemeriksaan di klinik terdekat” kata Nendi Hidayat, Pejabat Pengendali K3L PLN UIP JBT I di Bandung, Minggu (8/3/2020).

Ia mengatakan, upaya pencegahan penyebaran virus corona yang diberlakukan di lingkungan kantor PLN UIP JBT I merupakan tindaklanjut dari arahan Direksi dalam surat Edaran Direksi PT PLN (Persero) No. 0002.E/DIR/2020 tentang Antisipasi Penyebaran Virus corona.

Selain pengecekan suhu tubuh, antisipasi lain yang dilakukan diantaranya melakukan edukasi kepada seluruh pegawai dan tenaga alih daya untuk meningkatkan awareness tentang langkah-langkah yang tepat dalam mencegah penyebaran virus corona, menyediakan hand sanitizer, menyediakan masker bagi pegawai yang sedang dalam kondisi kurang sehat seperti demam, flu / batuk, dan memasang poster terkait upaya pencegahan virus corona di lingkungan kantor.

Selain itu, PLN UIP JBT I juga menghimbau kepada tamu, pegawai, dan tenaga alih daya yang baru saja melaksanakan cuti maupun perjalanan dinas ke Negara/wilayah terjangkit corona untuk mengisi Form Deklarasi Kesehatan sebelum memasuki lingkungan kantor PLN UIP JBT I.

“Upaya pencegahan ini tidak hanya kami terapkan di Kantor Induk namun hingga unit-unit pelaksana proyek. Hingga saat ini di lingkungan kantor PLN UIP JBT I masih aman dari Virus corona namun kita akan tetap waspada dan melakukan langkah-langkah antisipasi yang perlu,” katanya.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020).
Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020). (KOMPAS.com/Dian Erika)

Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan tubuh terinfeksi virus ini.

Menjaga kebersihan, menjaga pola makan, berolahraga dan istirahat yang cukup, menggunakan masker saat flu/batuk, menghindari lokasi yang sudah dinyatakan positif corona, tidak panik dan segera berobat jika mengalami gejala demam maupun sesak napas adalah beberapa langkah antisipasi yang dapat dilakukan.

"Diharapkan dengan adanya edukasi yang baik, kita dapat dengan tenang menerapkan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona serta tidak mudah percaya maupun ikut serta menyebarkan informasi yang bersifat hoax," katanya. Disadur dari Tribunjabar.id(siti fatimah)

Virus Korona Wabah Virus Korona PLN Jawa Tengah


Loading...