Upaya Melestarikan Alam Sekitar, Penanaman Pohon dan Bersih-bersih Pantai Plentong Indramayu, 1.000 Pohon Mangrove

Upaya Melestarikan Alam Sekitar, Penanaman Pohon dan Bersih-bersih Pantai Plentong Indramayu, 1.000 Pohon Mangrove
(Tribuncirebon.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 8 Maret 2020 09:56 WIB

Terasjabar.id - Beragam upaya terus dilakukan oleh semua pihak dalam melestarikan alam sekitar, salah satunya yang dilakukan oleh para wartawan di Kabupaten Indramayu dalam memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 ini.

Para wartawan yang tergabung dalam Journalist Indramayu Police (JIP) bekerjasama dengan PJB UBJOM PLTU Indramayu serta melibatkan para pelajar, unsur muspika serta Forkominda melakukan penanaman mangrove.

Ada sebanyak 1.000 pohon mangrove yang ditanam di kawasan Pantai Plentong, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu pada Sabtu (7/3/2020).

Ketua JIP, Udi Iswahyudi mengatakan, gerakan menanam oleh Wartawan ini sebagai bentuk kepedulian insan pers Indramayu dalam menghijaukan lingkungan.

Selain itu, hal ini pula sebagai bentuk pencegahan abrasi di pesisir pantai Kabupaten Indramayu.

Mengingat, Kabupaten Indramayu memiliki garis pantai yang panjang, yakni 147 kilometer membentang sepanjang pantai utara pulau Jawa.

“JIP memiliki komitmen untuk mendorong pelestarian lingkungan terutama abrasi pantai yang terus meluas. Kami mengajak semua kalangan untuk menghijaukan kawasan pesisir pantai di Indramayu,” ujar dia.

Sementara itu, Manager Administrasi dan Keuangan PJB UBJOM PLTU Indramayu, M Najib mengatakan, pihaknya memiliki program Corporate Social Responsibility (CSR) yang didalamnya juga mencangkup terkait kelestarian lingkungan.

Atau dengan kata lain, PJB UBJOM PLTU Indramayu memiliki Tanggung jawab Sosial terhadap pemberdayaan masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

"Kemarin PJB UBJOM PLTU Indramayu sudah meraih proper hijau dari Kementerian Lingkungan hidup RI dan kami akan terus meningkatkan partisipasi program CSR ini hingga bisa mencapai proper emas," ujar dia.

Pantauan Tribuncirebon.com, selain menanam mangrove, pada kesempatan itu juga dilakukan aksi bersih-bersih pantai.

Seluruh peserta bersama-sama memungut sampah demi sampah yang ada di Pantai Plentong lalu membuangnya ke tempat pembuangan sementara (TPS) sekitar pantai.

Tidak hanya itu, para peserta juga diajak membiasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan mencuci tangan yang baik dan benar seusai kegiatan.

Kepada para pelajar, M Najib berpesan untuk selalu menjadi pahlawan lingkungan, salah satu upaya sederhananya, yakni dengan cara menanam pohon.

"Nanti kalau sudah jadi jendral jadi orang besar, kalian ke sini lagi lalu lihat pohon-pohon yang kalian tanam ini pasti sudah besar-besar, juga jangan bosan untuk terus menanam pohon," ujar dia kepada para pelajar. Disadur dari Tribunajabar.id

Melestarikan Alam Hari Pers Nasional Para Wartawan Kabupaten Indramayu


Loading...