KKB Mulai Serang Freeport, Warga Mimika Resah Minta Dievakuasi

KKB Mulai Serang Freeport, Warga Mimika Resah Minta Dievakuasi
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 7 Maret 2020 12:00 WIB

Terasjabar.id -  Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua kembali berulah dan menyita perhatian masyarakat luas. Pasalnya kali ini kelompok itu dilaporkan sudah berani menyerang area sekitar PT Freeport Indonesia yang tentu saja banyak dihuni masyarakat awam.

Aparat TNI dan Polri yang berjaga pun tak menganggap remeh hal ini. Mereka bahkan langsung menetapkan status keamanan siaga satu di daerah tersebut.

Namun penetapan status siaga I tampaknya tak cukup membuat warga setempat merasa aman. Sebab sebanyak 258 warga Kampung Banti dan Kampung Opitawak meminta agar aparat mengevakuasi mereka ke Timika.

Mereka mengaku takut bakal menjadi korban kekerasan KKB atau korban baku tembak antara KKB dengan aparat di kawasan tersebut. Sebab kejadian tersebut pernah terjadi pada 2017 lalu sampai membuat mereka harus keluar dari kampung demi mengamankan diri.

Permintaan ini pun disambut oleh aparat gabungan setempat. Namun awalnya para warga itu harus terlebih dahulu berjalan kaki melewati kawasan Utikini yang kini tengah dikuasai KKB.

"Iya, ada 258 warga minta dievakuasi ke Timika, karena takut sama KKSB," ujar Dandim 1710 Mimika, Letkol Inf Pio L Nainggolan, melalui pesan singkat, dilansir dari Detik News, Sabtu (7/3). "Mereka sudah pulang ke rumah sanak saudara yang ada di Timika."

Kini memang ratusan warga setempat itu sudah kembali berkumpul dengan para saudara dan kerabat mereka di Timika. Mereka diangkut ke sana dengan menggunakan 3 bus milik Freeport.

Keberadaan KKB memang cukup meresahkan usai ada eskalasi dari aksi yang dilakukan. Yakni mulai dari penyanderaan atas tiga guru SD Inpres Baluni di Distrik Tembagapura pada pertengahan Februari 2020 lalu, sampai penyerangan terhadap mobil patroli Polsek Tembagapura.

"Kami sudah mengidentifikasi KKB dari mana yang melakukan penembakan di Tembagapura," jelas Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata. Kemungkinan KKB yang dipimpin Gusbi Waker dan Lekagak Telenggen lah yang bertanggung jawab atas serangan-serangan tersebut.

Pihaknya pun mengaku siap untuk mengejar KKB tersebut. "Penindakan hukum terhadap kelompok tersebut tetap akan kami lakukan," pungkas Era.

(Wowkeren.com)

KKB Mulai Serang Freeport Warga Mimika Resah Minta Dievakuasi Papua


Loading...