Pemkot Cimahi Mulai Buka Posko Kesehatan Tanggap Darurat Virus Corona

Pemkot Cimahi Mulai Buka Posko Kesehatan Tanggap Darurat Virus Corona
Laksmi Sri Sundari
Editor: Admin Teras Cimahi —Kamis, 5 Maret 2020 16:11 WIB

Terasjabar.id - DINAS Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi membuka Posko Kesehatan Tanggap Darurat Virus Corona (Covid-19). Posko yang terletak di Kantor Dinkes Kota Cimahi gedung C lantai 3 Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah itu, dibuka sebagai pusat informasi seputar virus corona.

Seperti diketahui, paparan positif Covid-19 kini sudah masuk Indonesia. Bahkan, Gubernur Jawa Barat sudah menetapkan siaga satu virus corona. Untuk itu, Dinkes Kota Cimahi membuka posko tersebut sebagai langkah edukasi terhadap masyarakat.

"Posko dibuat sebagai sarana edukasi dan informasi mengenai penyakit Corona. Masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai corona bisa mengakses posko tersebut," kata Kepala Dinkes Kota Cimahi, Pratiwi di Pemkot Cimahi Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis (5/3/2020).

Menurut Pratiwi, posko ini juga sebagai salah satu cara untuk meminimalisir kepanikan warga Kota Cimahi. Pihaknya juga mencantumkan nomor ponsel petugas Dinkes yang bisa dihubungi langsung oleh masyarakat, untuk berkonsultasi seputar virus corona.

Sebagai antisipasi virus corona secara keseluruhan, Pratiwi mengaku jika pihaknya sudah melayangkan surat edaran untuk fasilitas kesehatan, kecamatan hingga kelurahan, agar lebih waspada terhadap penyebarannya. Salah satu upaya yang harus terus digalakan adalah menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Kemudian terpenting menjaga imunitas tubuh dengan makanan yang bergizi, melakukan olah raga, kemudian cuci tangan pakai sabun," ujar Pratiwi.

Kemudian, terang Pratiwi, jika ada yang merasakan demam tinggi, batuk, pilek, hingga sulit bernafas agar melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat. Sebab, gejala tersebut dikhawatirkan mengarah pada virus corona. Jika hasil pemeriksaan ditemukan tanda-tanda yang dimaksud, pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat untuk dilakukan screening.

Jika benar pasien suspect virus corona, maka akan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.

"Cimahi mudah-mudahan enggak ada kasus Corona. Sudah dibuat standar operasional prosedur (SOP) penanganan pasien terduga corona, peralatan disiapkan juga. Puskesmas sudah siap, RSUD Cibabat juga sudah ada ruang screening," katanya.

Dia menekankan, yang paling penting mengajak masyarakat waspada dan tidak panik.

"Jangan berlomba mencari masker sampai berapapun dibeli. Masker hanya untuk yang sakit," imbuhnya.

(Galamedianews.com)

Pemkot Cimahi Mulai Buka Posko Kesehatan Tanggap Darurat Virus Corona Covid-19 Kantor Dinkes Kota Cimahi


Loading...