Advertisement

15 Objek Wisata di Tanah Air yang Asik Dieksplorasi

15 Objek Wisata di Tanah Air yang Asik Dieksplorasi
Foto depan/Adventuredragon.com
Editor: Dea Yuk Piknik —Kamis, 5 Maret 2020 15:41 WIB

Terasjabar.id -  Banyak faktor yang menjadikan Indonesia wajib dieksplorasi, tapi setidaknya 15 hal berikut bisa menjadi alasan mengapa Anda patut menjelajahi Nusantara.

Sejumlah jurnalis ataupun blogger luar negeri pernah menulis soal Indonesia dan daya tarik turismenya. 

Berikut ulasan beberapa di antara mereka, seperti dilaporkan melalui media Inggris, The Telegraph.


1. Jakarta yang sibuk.
Meski kerap disebut-sebut sebagai kota sibuk, macet, dan semrawut, Anda tetap wajib mengunjungi Jakarta sebagai ibukota negara. Jurnalis asal Inggris Simor Parker pada 2015 pernah menulis bahwa Jakarta adalah tempat bercampurnya aneka rupa budaya dan kuliner. Jakarta memiliki banyak atraksi yang patut dilihat dan dirasakan. 

Antara lain kawasan Kota Tua yang bakal membawa Anda melihat sejarah Batavia di zaman kolonial, mal-malnya yang megah, wisata museum, suguhan live music di banyak kafe, dan tak ketinggalan kulinernya. Bahkan di kota ini Anda bisa merasakan sensasi makan di atas ketinggian dengan mengunjungi tempat makan yang ada di atas gedung pencakar langit.

2. Komodo.
Hewan sisa zaman purbalaka, komodo, ada di negara ini. Hewan tersebut hanya hidup di lima pulau di Indonesia yaitu Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Padar. Komodo kerap digambarkan sebagai hewan buas yang gigitannya mengandung racun. Mereka mampu memburu binatang lain yang lebih besar, bahkan manusia.

3. Petualangan alam di Sumatera.
Pada 2014 Sumatera pernah dinobatkan sebagai Top 20 Places to Visit oleh The Telegraph. Pulau Swarna Dwipa ini memiliki alam yang indah serta sejumlah hewan liar untuk disaksikan oleh Anda yang menyukai petualangan. Di sini ada orang utan dan sekawanan tentara gajah yang siap menjaga hutan Tangkahan di Langsat, Sumatera Utara.

"Anda bisa menyaksikan bahkan bergabung dengan hewan-hewan itu saat mandi dan menyentuh kuku-kuku mereka sebelum melakukan patroli pagi hari. Petualangan ini diakhiri dengan menyeruput secangkir kopi Sumatera yang dikenal kuat," kata jurnalis lain, Guyan Mitra.

Selain itu, ada juga taman nasional Kerinci Seblat, di mana Anda bisa menyaksikan harimau dan badak Sumatera. Atau mau hiking ke gunung? Bisa, karena ada banyak gunung di sini yang dapat dijelajahi. Di samping itu ada pula destinasi wisata Danau Toba, tempat diving bersama paus di Pulau Weh, serta surfing di Pulau Mentawai dan Nias.

4. Surga diving kelas dunia.
Indonesia yang dikelilingi lautan tentu memiliki banyak kekayaan dan biota laut serta pantai yang indah. Salah satu yang terkenal adalah Raja Ampat di Papua Barat. Tempat ini adalah surga bagi para diver. Di dalam lautnya terdapat 75% spesies batu karang dunia dan lebih dari 2.000 jenis ikan.

5. Candi dan gunung di Jawa.
Jawa disebut-sebut sebagai pulau dengan populasi terpadat di dunia. Di sisi lain, pulau kelima terbesar di Indonesia ini juga memiliki banyak sekali tempat menarik untuk dijelajahi. Setidaknya ada 12 taman nasional di sini serta gunung-gunung berapi yang memiliki pemandangan indah sehingga menarik untuk didaki, antara lain Bromo dan Merapi.

Di Pulau Jawa juga terdapat candi Budha terbesar di dunia, yakni Borobudur. Selain itu, ada juga Candi Pawon, Mendut, Prambanan, dan Kalasan yang bisa menjadi tempat Anda melakukan kontemplasi sekaligus merasakan kedamaian.

6. Bali, surganya para backpacker.
Bali dikenal sebagai tempat yang mampu memadukan antara kehidupan modern dan spiritual. Tak perlu banyak kata untuk menggambarkan keindahan Bali dan atraksi wisata di dalamnya. Rasanya siapapun di dunia selalu menjadikan Pulau Dewata sebagai destinasi wisata impian mereka.

7. Hotel-hotel yang nyaman.
Bali salah satunya, banyak menawarkan akomodasi mewah dan nyaman. Sebut saja Four Seasons Resort di Gianyar, Alila Villa di Uluwatu, COMO Shambhala Estate, dan Oberoi di Seminyak.

8. Bali versi lain: Lombok
Jutaan orang diketahui mengunjungi Bali tiap tahun demi menikmati keindahan pantai di sana. Tapi, 30 mil di sebelah timur Pulau Dewata masih ada Lombok, yang juga menawarkan wisata pantai nan indah. Di sini surga bagi para surfer. 

9. Suku pribumi di Kalimantan.
Pulau Kalimantan menjadi destinasi wisatawan yang hobi berpetualang. Yang menjadi daya tarik di sini sebut saja hutan-hutannya yang lebat, suku pribumi, dan orang utan yang dilindungi di Taman Nasional Tanjung Puting.

10. Taman nasional terbesar di Asia Tenggara.
Lorentz di Papua, yang dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO, memiliki luas lahan 9.674 mil persegi. Taman nasional ini adalah rumah bagi sederet penghuni ekosistem seperti mangrove, hutan lindung, padang safana, dan sungai es gletser. Di sini juga ada Puncak Jaya, gunung tertinggi di dunia selain Himalaya dan Andes.

Di tempat ini juga terdapat 123 jenis hewan mamalia dan 630 spesies burung. Kekayaan tersebut diyakini belum sepenuhnya tereksplorasi. Kita tunggu saja bagaimana para ilmuwan dan ahli menemukan "kekayaan terpendam" lain di Papua.

11. Paris dari Timur.
Kota mana lagi yang kerap dijuluki "Paris van Java" selain Bandung? Di ibukota Jawa Barat ini Anda bisa mengeksplorasi kekayaan kulinernya, butik fashion, dan bangunan-bangunan bergaya art deco. Udara yang sejuk juga menjadi salah satu alasan Bandung harus dikunjungi.

12. Kota Budaya Yogyakarta.
Yogyakarta dikenal memiliki kekayaan seni dan budaya nan indah. Ada wayang, karya-karya seni, serta tari-tariannya yang menarik untuk disaksikan. Dari sini juga kita bisa menjangkau Candi Borobudur dan kompleks candi Hindu, Prambanan, dengan mudah.

13. Candi-candi ikonik.
Yang paling populer mungkin Borobudur dan Prambanan. Padahal, selain itu, masih ada ratusan candi lain, besar maupun kecil, yang tersebar di seluruh Nusantara.

14. Salah satu mercusuar paling spektakuler di dunia.
Mercusuar 12 tingkat ini dibangun pada masa pemerintahan Belanda pada 1882. Letaknya ada di Pulau Lengkuas, Provinsi Bangka Belitung.

Mercusuar setinggi 57 meter dan berdiameter 61 meter itu berbentuk menara besi 16 sisi berwarna putih dengan lentera dan galeri. Mercusuar tersebut terletak di lepas titik utara pelabuhan Belitung, menghadap Selat Karimata, yang menghubungkan Laut China Selatan dengan Laut Jawa di antara Sumatera dan Kalimantan. Untuk bisa sampai di sini, Anda dapat menumpang kapal dari Tanjung Kelayang, Pulau Belitung.

15. Hijau dan murah.
Indonesia memiliki hutan terluas di dunia. Makanya, negara ini kerap disebut sebagai "The Greenest Country in the World". Selain itu, biaya tinggal di Indonesia juga dikenal murah bagi wisatawan mancanegara.

Menurut website Numbeo per tahun 2018, indeks biaya tinggal di sini -mencakup harga akomodasi, makan di restoran, biaya taksi, dan biaya aktivitas leisure- hanya sebesar 36,33. Lebih rendah daripada negara Asia Tenggara lain seperti Thailand (40,2), Myanmar (51,57), Kamboja (47,29), dan Vietnam (39,5).



(Sindonews.com)

15 Objek Wisata di Tanah Air yang Asik Dieksplorasi


Related Post


 


Loading...