Advertisement

Perkebunan Teh Kaligua Brebes Terlihat Eksotis Mirip di Luar Negeri, Tidak Kalah dari Ranu Manduro yang Sempat Viral

Perkebunan Teh Kaligua Brebes Terlihat Eksotis Mirip di Luar Negeri, Tidak Kalah dari Ranu Manduro yang Sempat Viral
(iNews : Google)
Editor: Epenz Yuk Piknik —Kamis, 5 Maret 2020 13:56 WIB

Terasjabar.id - Siapa yang tidak kenal Ranu Manduro. Pemandangan hamparan rumput hijau di Mojokerto ini sempat viral. Saking banyaknya pengunjung yang datang, kini Ranu Manduro ditutup untuk umum.

Tenang saja, jika belum sempat menikmati keindahan Ranu Manduro, Anda bisa menjelajahi Brebes Selatan. Tempat tersebut adalah Kaligua Paguyangan.

Kaligua merupakan agrowisata di dataran tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

 

"Feeling Good versi Brebes nih guys. Nggak kalah bagus dengan Ranu Manduro kan. Foto dolan dari @burhn_fadli," tulis Instagram @ayodolan dikutip Kamis (5/3/2020).

Perkebunan teh peninggalan Belanda ini memiliki pemandangan Gunung Slamet. Suasananya sejuk dan asri. Selain menikmati indahnya kawasan kebun teh, wisatawan bisa melihat dari dekat proses pembuatan teh hitam khas Kaligua.

Anda bisa melihat proses pelayuan, penggilingan, sampai proses akhir. Pengunjung juga bisa menikmati kesegaran teh hitam.

Kebun Teh Kaligua merupakan milik PTPN IX dan didirikan pada 1889 oleh Cultur Onderneming dari Belanda. Berada pada 20 kilometer sebelah timur Kecamatan Bumiayu atau 15 km dari pertigaan Kaligua (dekat Flyover Kretek).

Kawasan ini memiliki ketinggian bervariasi antara 1.500-2.050 mdpl. Untuk menuju Kebun Teh Kaligua, Anda bisa mengambil rute dari arah utara (Tegal) melalui jalur Tegal Purwokerto. Sampai pertigaan Kaligua, di dekat Flyover Kretek, belok ke kanan dengan menempuh jarak sekitar 15 km.

Menikmati pemandangan Kebun Teh seluas 600 hektare ini bisa menggunakan mobil sewaan. Dengan mobil wisata, wisatawan bisa puas berkeliling menyusuri seluruh areal perkebunan. Jangan lewatkan untuk membawa kamera. Disadur dari iNews.id

Ranu Manduro Pemandangan Hamparan Rumput Hijau Viral Mojokerto Brebes Selatan Teh Kaligua


Related Post



Loading...