Penjualan Mobil di China Turun 80 Persen Akibat Wabah Virus Korona

Penjualan Mobil di China Turun 80 Persen Akibat Wabah Virus Korona
(WJToday : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 5 Maret 2020 09:23 WIB

Terasjabar.id - Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA) melaporkan penjualan mobil (retail sales) pada Februari 2020, turun 80 persen akibat wabah virus korona. Meski tidak memberikan rincian penuh, ini menjadi pukulan berat bagi pasar mobil terbesar di dunia tersebut.

"Dealer kembali bekerja secara bertahap dalam tiga minggu pertama Februari, namun lalu lintas showroom sangat rendah," kata CPCA, seraya menambahkan mereka memperkirakan penurunan penjualan Februari akan menjadi yang terburuk tahun ini.

Sebelumnya, Toyota melaporkan penjualan mobil di China pada Februari hanya 23.800 unit atau turun 70 persen dibanding tahun sebelumnya. Angka ini termasuk merek premium Toyota, Lexus.

Pasar mobil utama di dunia sedang bersiap dengan kabar buruk lagi. Upaya pencegahan virus korona, yang telah menewaskan lebih dari 2.900 orang di China daratan, telah mengganggu rantai pasokan global dan mengurangi permintaan konsumen.

Saingan Toyota, General Motors (GM) mengatakan, industri akan menghadapi tantangan serius pada kuartal pertama tahun ini, tapi situasi akan mereda pada kuartal kedua. Hal tersebut disampaikan Presiden GM China Matt Tsien dalam postingan di akun WeChat resmi GM. Disadur dari iNews.id

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Asosiasi Mobil Penumpang China (CPCA)


Loading...