Tembok Tebing Ambruk Jalan Desa Amblas Akibat Diguyur Hujan Lebat

Tembok Tebing Ambruk Jalan Desa  Amblas Akibat Diguyur Hujan Lebat
Legok nyenang desa Sukadana kecamatan cibeureum
Editor: Malda Teras Kuningan —Rabu, 4 Maret 2020 17:16 WIB

Terasjabar.id - Akibat hujan lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur beberapa hari ini Tembok Penahan Tebing ( TPT ) di blok Legok Nyenang Dusun 2 Desa Sukadana Kecamatan Cibeureum Kab Kuningan ambruk diduga akibat tak sesuai 'bestek'

Menurut keterangan H Juhri Gianaris didampingi Tarman warga setempat, ambruknya TPT ini selain guyuran hujan yang terus menerus, diduga konstruksi bangunan TPT yang dikerjakan pihak ketiga itu cenderung 'asal-asalan' dan tak sesuai 'bestek', ujarnya saat dihubungi Rabu (4/2-2020).


TPT yang ambruk sepanjang 10 meter itu praktis menutupi saluran irigasi dan airnya meluap kejalan, imbuhnya.

Gambar

Jalan kabupaten di blok jalan pagak desa cimulya kecamatan cimahi


Sementara itu, jalan kabupaten dikawasan Kuningan timur tepatnya diblok hutan jalan Pagak Desa Cimulya
menghubungkan desa Cimulya menuju desa Sukadana kecamatan Cibeureum nyaris terputus akibat badan jalan amblas dan retak sepanjang 15 meter, lebar 5 meter dan retak 20 cm.

Amblasnya jalan tersebut terjadi Sabtu (29/2 -2020), menyusul hujan deras yang beberapa hari ini mengguyur daerah ini.
Menurut Rahmat hidayat anggota linmas desa Cimulya, amblasnya jalan ini akibat ulah warga setempat yang membuang sampah sembarangan.

Terutama bila musim panen Jagung petani seenaknya membuang sampah pohon jagung ke pinggir jalan bahkan pohon jagungnya dibuang kesaluran air jalan ini, hingga praktis menutupi gorong - gorong.


Akibat sampah pohon jagung tersebut, mengakibatkan saluran tersumbat sehingga air dan lumpur meluap ke atas jalan dan mengakibatkan amblasnya jalan ini, terang rahmat.
(H WAWAN JR)

Kuningan Hujan Jalan Amblas


Loading...