Indonesia Tak Lagi Bebas Corona, Pengunjung Mal Dilarang Fungsikan Lift

 Indonesia Tak Lagi Bebas Corona, Pengunjung Mal Dilarang Fungsikan Lift
(Foto: Wowkeren.com)
Editor: Admin Hot News —Senin, 2 Maret 2020 17:47 WIB

Terasjabar.id -  Kabar mengenai adanya warga Indonesia yang positif terjangkit corona membuat sejumlah pihak melakukan langkah antisipasi agar virus tersebut tidak semakin menyebar. Salah satunya pengelola pusat perbelanjaan.

Pihak pengelola mal akan melakukan antisipasi pencegahan khususnya pada bagian yang berpotensi terjadi penularan. Meski demikian, bukan berarti pihak pengelola mal tidak melakukan langkah antisipasi sebelumnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan mengatakan bahwa sebelum Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan konfirmasi mengenai adanya dua orang yang positif corona, pihaknya sudah menyediakan hand sanitizers bagi pengunjung untuk cuci tangan.

Ridwan mengatakan bahwa pihaknya akan menyediakan operator khusus untuk mengoperasikan tombol lift. Untuk mencegah penularan virus corona, pengunjung dilarang memfungsikan sendiri tombol lift yang ada.

"Setiap naik lift, nanti yang menekan tombol ada operatornya," kata Ridwan dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (2/3). "Lagi disiapkan 1-2 hari ke depan."

Sebagai langkah pertama, ia mengatakan akan melayangkan surat edaran kepada seluruh mal di Indonesia. Tujuannya agar pencegahan penyebaran virus bisa bisa dilakukan lebih serius. Tak cukup sampai di situ, pihak pengelola mal juga akan melakukan pemantauan yang lebih ketat kepada pengunjung. "Kita akan pantau semua yang datang, masih dirapatkan," kata Ridwan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengonfirmasi adanya dua orang warga yang positif terinfeksi corona. Saat ini, keduanya tengah dirawat di ruang isolasi khusus. Menteri kesehatan RI Terawan Agus Putranto memastikan bahwa publik tak perlu khawatir, karena ruangan tersebut tidak memungkinkan adanya kontak dengan orang lain.

"Sehingga setelah itu kita dapat orangnya kita periksa di RS Pusat Penyakit Infeksi Sulianti Suroso," ujar Terawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3). "Supaya tidak salah orang menerjemahkan. Jadi dia ada di ruang khusus tidak terkontak dengan yang lain."

(Wowkeren.com)

Indonesia Tak Lagi Bebas Corona Pengunjung Mal Dilarang Fungsikan Lift Virus Corona


Loading...