Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Dihentikan, Berikut Insiden yang Pernah Terjadi

Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Dihentikan, Berikut Insiden yang Pernah Terjadi
AP/Fakhri Hermansyah
Editor: Admin Teras Bandung —Senin, 2 Maret 2020 17:44 WIB

Terasjabar.id  Proyek konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau JKT-BDG tengah menjadi sorotan. Pasalnya, proyek yang telah diresmikan pada 2016 lalu oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi itu akhirnya disetop oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Proyek yang digarap oleh PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) tersebut ditarget mulai beroperasi pada 2021. Namun sayang, dalam perjalanannya proyek ini kerap mengalami insiden selain pembangunannya sendiri juga menuai kontroversi.

Dilansir dari Kompas, Senin (2/3), pembangunan proyek ini disebut menggunakan dana pinjaman dari Tiongkok. Sejumlah pihak menilai jika mode transportasi ini belum benar-benar diperlukan di Jakarta-Bandung mengingat kedua tempat tersebut memiliki jarak yang tidak seberapa jauh.

Kementerian PUPR melalui Komite Keselamatan Konstruksi belum lama ini meminta KCIC untuk menghentikan sementara proyek tersebut. Proyek ini diyakini menjadi pemicu terjadinya genangan banjir di ruas Tol Jakarta-Cikampek. Penghentian proyek itu karena alasan sistem manajemen konstruksi yang perlu dievaluasi. Meski demikian, pihak KCIC justru mengaku heran karena mereka kerap dikambighitamkan sebagai biang kerok banjir.

Beberapa waktu yang lalu, insiden tewasnya seorang pekerja konstruksi juga tak kalah menyedot perhatian publik. Pada Oktober 2019 lalu, pipa penyalur BBM milik Pertamina di Kota Cimahi, Jawa Barat, meledak hingga menewaskan seorang pekerja. "Pihak PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) sedang mengebor bakal tiang pancang, tetapi mungkin mereka tidak mengetahui ada pipa Pertamina. Kasus ini diselidiki pihak kepolisian," kata Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana beberapa waktu lalu.

Proyek kereta cepat ini juga memberikan dampak pada masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Ratusan rumah warga di Desa Laksana Mekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat dilaporkan mengalami keretakan akibat aktivitas pengeboman pada proyek terowongan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.


(Wowkeren.com)

Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Dihentikan Berikut Insiden yang Pernah Terjadi Kereta Cepat Jakarta-Bandung PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) t


Loading...