Ban Tubeless Kena Paku Cepat Cabut, jika Tidak Ini yang Terjadi

Ban Tubeless Kena Paku Cepat Cabut, jika Tidak Ini yang Terjadi
Saat kendaraan mengetahui bannya tertancap paku, segera bawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan penanganan. (Foto: iNews.id/Riyandy Arystio)
Editor: Admin Teras Techno —Sabtu, 29 Februari 2020 13:52 WIB

Terasjabar.id -  Salah satu keunggulan ban tubeless dibanding ban dalam adalah tidak cepat kempis jika tertusuk paku. Namun banyak yang belum mengerti, apakah paku yang menancap harus dicabut, atau dibiarkan.

Pemilik bengkel Beji's Motor Depok, Anjas Marbun mengatakan, ban tubeless saat tertancap paku hanya mampu bertahan sekitar 1-2 hari untuk meminimalisir angin keluar. Bukan berarti paku yang menancap dibiarkan.

"Banyak orang yang malas mencabut paku di ban tubeless-nya lantaran beranggapan jika dicabut jutru akan kempis. Anggapan itu salah," ujar Anjas, saat ditemui, baru-baru ini.

Dia menambahkan, saat pemilik kendaraan mengetahui bannya tertancap paku, segera bawa ke bengkel terdekat untuk ditambal, jangan dibiarkan terlalu lama menancap.

"Selama baut atau paku tidak dicabut, khawatir akan menyangkut batu atau lubang dan kemudian copot. Anginnya bisa hilang mendadak. Itu kalau copot, kalau terseret bisa-bisa ban jadi robek dan semakin parah," katanya.

Menurut Anjas, dengan adanya paku atau kawat yang menancap, akan menjadi jalur masuk air jika pengemudi melewati genangan air. Selain itu, jika besi terkena air terus-menerus, bisa menimbulkan karat.

"Secara fisika, sifat air adalah masuk melewati celah-celah kecil. Nah, jika air masuk ke ban, daya tahannya nanti akan berkurang dan paku yang tertancap, bisa berkarat kalau kena air. Itu berbahaya," ujar Anjas.

(Inews.id)

Ban Tubeless Kena Paku Cepat Cabut jika Tidak Ini yang Terjadi Ban Motor Ban Mobil


Loading...