Satgas Citarum Harum Sektor 13 Serius Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum

Satgas Citarum Harum Sektor 13 Serius Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum
(Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 28 Februari 2020 17:52 WIB

Terasjabar.id - Satgas Citarum Harum Sektor 13 semakin serius dalam percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan daerah aliran sungai (DAS) Citarum.

Komandan Sektor 13, Kolonel Inf. Nazwardi Irham ,mengatakan sejak sepekan ini mereka gencar sterilisasi sungai dan anak Sungai Citarum dengan mengeruk sedimentasi sungai menggunakan dua unit alat berat.

"Sekarang ini kami sedang mengeruk Sungai Cibuluh yanh ada di Kampung Cibuluh, Desa Tegalsari, Kecamatan Tegalwaru," katanya di Purwakarta, Jumat (28/2/2020).

Tak hanya Sungai Cibuluh, Dansektor juga mengatakan jajarannya mengeruk sedimentasi Sungai Cantilan yang berada di Desa Warungjeruk, Tegalwaru.

"Kami bakal keruk sungai-sungai lainnya yang ada di wilayah Sektor 13, antara lain Sungai Cigalumpit, Desa Tegalsari, Sungai Citarum, Desa Gandasoli, Sungai Ciliunggunung, Desa Liunggunung, dan Sungai Cilinggarsari, Desa Linggarsari," ucapnya.

Selanjutnya, aksi nyata program Citarum Harum ini, kata Dansektor, bakal membuka akses masuk kendaraan menuju lokasi pengerukan dengan tujuan agar penarikan material hasil pengerukan sedimentasi tersebut berjalan lancar.

"Nanti kan bisa dimanfaatkan warga. Pembukaan akses jalan sudah dapat persetujuan masyarakat dan aparat desa," ujarnya.

Material sedimentasi ini nanti, lanjut Dansektor bakal digunakan untuk merenovasi atau mempertebal setiap tanggul sungai yang telah dilakukan pengerukan.

"Kami harap upaya ini bisa terlihat dampaknya terutama bagi percepatan pengendalian DAS Citarum guna mengembalikan lagi keasrian Sungai Citarum," katanya.  Disadur dari Tribunjabar.id

Satgas Citarum Harum Sektor 13 Pengendalian Pencemaran Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum


Loading...