Khawatir Dengan Biaya Tambahan Apapun Terkait Penundaan Keberangkatan Jemaah Umrah, 'Jangan Ada yang Dirugikan'

Khawatir Dengan Biaya Tambahan Apapun Terkait Penundaan Keberangkatan Jemaah Umrah, 'Jangan Ada yang Dirugikan'
(Panturapost.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 28 Februari 2020 17:47 WIB

Terasjabar.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Kementerian Agama memastikan tidak ada biaya tambahan apapun terkait penundaan keberangkatan jemaah umrah. Hal ini berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Arab Saudi menghentikan pelayanan visa untuk menghindari penyebaran virus korona.

"Saya minta Kemenag untuk komunikasi dengan para penyelenggara ibadah haji dan umrah, serta calon jemaah umrah. Sampaikan apa yang sebenarnya terjadi agar semuanya tenang," kata Ganjar, di Semarang, Jumat (28/2/2020).

Dia mengaku khawatir jika para calon jemaah umrah dirugikan dengan adanya biaya tambahan terkait penghentian sementara ibadah umrah. Kanwil Kemenag Jateng juga diminta aktif mensosialisasikan dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat hingga ada kepastian.

"Jangan sampai nanti ada konsumen yang dirugikan, Kemenag harus hadir sebagai representasi Negara. Saya minta segera turun untuk koordinasi dengan penyelenggara ibadah haji dan umrah," ucapnya.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Arab Saudi, Kementerian Luar Negeri Arab Saudi menangguhkan sementara izin visa untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi.

Kebijakan ini berlaku mulai Kamis (27/2/2020). Penangguhan ini diberlakukan untuk menghentikan penyebaran, pengendalian dan pemusnahan Covid-19 serta melakukan perlindungan yang maksimal terhadap keamanan warga negara, penduduk dan siapapun yang berencana datang ke wilayah Kerajaan Arab Saudi. Disadur dari iNews.id

Gubernur Jawa Tengah Jemaah Umrah Virus Korona Pemerintah Arab Saudi


Loading...