Kota di China Beri Rp20 Juta bagi Warga yang Lapor Terinfeksi Corona

Kota di China Beri Rp20 Juta bagi Warga yang Lapor Terinfeksi Corona
Seorang warga di China mengenakan masker pelindung di tengah mewabahnya virus Corona baru, Covid-19. Foto/REUTERS
Editor: Admin Hot News —Kamis, 27 Februari 2020 16:24 WIB

Terasjabar.id - Sebuah kota di Provinsi Hubei, China, akan membayar 10.000 yuan atau sekitar Rp20 juta bagi warga setempat yang melapor ke pihak berwenang bahwa dirinya mengalami gejala terinfeksi virus Corona baru, Covid-19. Dengan melapor maka warga yang terinfeksi bisa diperiksa lebih dini.

Provinsi Hubei merupakan wilayah yang jadi pusat wabah virus Covid-19, terutama di Kota Wuhan.

Kota yang menawarkan hadiah uang itu adalah Qianjiang. Kota ini berpenduduk sekitar 1 juta orang dan terletak sekitar 150 km dari Ibu Kota Provinsi Hubei; Wuhan.

Otoritas Kota Qianjiang melaporkan total 197 kasus infeksi Covid-19 dan sedang meningkatkan upaya untuk memastikan orang-orang yang terinfeksi terisolasi dan dirawat.

Ini adalah yang terbaru dari sejumlah daerah di China yang menawarkan hadiah uang tunai untuk mendorong anggota masyarakat menjadi sukarelawan untuk pemeriksaan kesehatan.

Provinsi Hubei telah melaporkan lebih dari 65.000 kasus dan lebih dari 2.600 kematian akibat wabah itu. Di seluruh dunia, jumlah korban meninggal mencapai 2.804 orang dan sekitar 82.186 terinfeksi.

Gugus tugas Qianjiang yang menangani epidemi mengatakan dalam sebuah pemberitahuan bahwa penduduk akan berhak atas pembayaran 10.000 yuan penuh jika diagnosis virus Corona mereka dikonfirmasi. Mereka yang sebelumnya telah didiagnosis tidak akan memenuhi syarat menerima hadiah.

"Mereka yang tidak segera (melapor) dikesampingkan karena yang menderita penyakit itu akan diberikan 1.000 yuan, sementara mereka yang dinyatakan sebagai kasus suspect akan mendapat 2.000 yuan," kata pihak gugus tugas tersebut dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Reuters, Kamis (27/2/2020).

Daerag lain di Hubei, termasuk Kota Wuhan dan kota tetangganya, Huangguang, juga telah menawarkan hadiah uang tunai bagi orang-orang yang secara sukarela melakukan pemeriksaan medis, tetapi hadiahnya jauh lebih rendah sekitar 500 yuan.

Provinsi Jiangxi dan Hebei juga telah melaporkan kota-kota setempat menawarkan hadiah antara 300 hingga 500 yuan bagi warga yang proaktif melapor terinfeksi Covid-19.

China sebelumnya telah memperjelas bahwa orang yang menunjukkan tanda-tanda infeksi akan diperiksa secara gratis, dan juga telah menyediakan dana bagi pemerintah daerah untuk memastikan tidak ada disinsentif keuangan yang mencegah orang-orang untuk maju melapor. 

(Sindonews.com)

Kota di China Beri Rp20 Juta bagi Warga yang Lapor Terinfeksi Corona Virus Corona


Loading...