Arab Saudi Tangguhkan Umrah, Ridwan Kamil: Kita Hormati Saja

Arab Saudi Tangguhkan Umrah, Ridwan Kamil: Kita Hormati Saja
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau warga terdampak banjir di Kampung Kedung Gede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Kamis (27/2/2020). SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
Editor: Admin Hot News —Kamis, 27 Februari 2020 16:16 WIB

Terasjabar.id -  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, menghormati keputusan Kerajaan Arab Saudi yang menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-2019.

Dikutip dari Sindonews.com, Ridwan Kamil menuturkan, hingga saat ini, belum ada kejelasan penanganan wabah virus Corona yang sudah menyebabkan ribuan orang meninggal dunia itu di sejumlah negara yang terdampak wabah virus mematikan itu. 

"Yang paling ekstrem adalah melarang datang dan pergi mereka-mereka yang terdampak atau dari daerah terdampak. Jadi, kita menghormati saja," ujar Ridwan Kamil di sela-sela peninjauan warga terdampak banjir di Kampung Kedung Gede, Desa Mulyasari, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Kamis (27/2/2020).

Oleh karena itu, lanjut Emil, saat Kerajaan Arab Saudi memutuskan penangguhan pelaksanaan ibadah umrah jamaah asing, hal itu harus dihormati sebagai kebijakan dalam negerinya. "Seperti halnya Indonesia memberhentikan penerbangan dari dan ke Tiongkok atau ke China, saya kira hal yang sama dilakukan (Kerajaan Arab Saudi) yah," katanya.

Terlebih, tambah Emil, pihaknya pun sangat memahami tingkat kesulitan yang dihadapi Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona dari jutaan jamaah umrah asing ke negaranya. "Karena saya paham lah dengan jutaan orang ke Madinah dan Makkah, mensterilkan potensinya (virus Corona), lebih repot," sebutnya.

Arab Saudi Tangguhkan Umrah Ridwan Kamil: Kita Hormati Saja


Loading...