Banjir Bekasi, Jabar Normalisasi 7 Sungai, Salah Satunya Kali Bekasi

Banjir Bekasi, Jabar Normalisasi 7 Sungai, Salah Satunya Kali Bekasi
Kali Bekasi, lokasi hilangnya dua bocah di bawah 12 tahun yang terjadi kemarin (12/12/2019) [Suara.com/Mochammad Yacub Ardiansyah].
Editor: Admin Hot News —Rabu, 26 Februari 2020 11:57 WIB

Terasjabar.id -  Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan normalisasi 7 sungai yang menghibungkan dengan ibu kota Jakarta. Ini untuk mencegah banjir di kota satelit, seperti Bekasi dan Cikarang.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan pemprov akan normalisasi sungai dan memperbaiki sistem drainase guna mendukung upaya penanggulangan banjir di kawasan Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Puncak-Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menurut dia, menyiapkan program-program penanggulangan banjir di wilayah Bekasi bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta pemerintah kabupaten/kota.

"Dengan program peningkatan kapasitas sungai melalui normalisasi sungai dan kali seperti Kali Bekasi, Kali Blencong, Kali Busa, Kali Srengseng, Kali Menir, Kali Sadang, dan Kali Cikarang," katanya di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (26/2/2020).

Pemerintah, ia melanjutkan, juga akan menjalankan upaya pencegahan banjir melalui pembangunan sumur resapan, sistem tampungan di saluran primer dan penampung air hujan, tanggul pengaman pantai dan sungai, sistem polder, serta memperbaiki dan meningkatkan kapasitas sistem drainase perkotaan.

"Keseluruhan program akan dituangkan dalam bentuk Komitmen Bersama dan Kesepakatan Bersama antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota se-Jabodetabekpunjur yang difasilitasi oleh Dirjen Bangda Kemendagri," kata Setiawan.

Ia menjelaskan pula bahwa pelayanan sudah diberikan kepada warga Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi yang terdampak banjir.

"Perangkat daerah yang menangani bencana banjir dikerahkan untuk menangani dan memberikan layanan darurat kepada masyarakat terkena dampak," katanya.

Bantuan berupa makanan, bahan pokok, matras, dan selimut juga sudah dikirimkan ke Kabupaten dan Kota Bekasi. BPBD Jawa Barat sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten dan Kota Bekasi untuk mendata korban banjir. 

(Suara.com)

Banjir Bekasi Jabar Normalisasi 7 Sungai Salah Satunya Kali Bekasi


Loading...