Garuda Siap Evakuasi 69 WNI Kru Kapal Diamond Princess

Garuda Siap Evakuasi 69 WNI Kru Kapal Diamond Princess
Kapal Diamond Princess yang bersandar di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang. Foto: REUTERS/Issei Kato
Editor: Admin Hot News —Rabu, 26 Februari 2020 09:17 WIB

Terasjabar.id -  Pemerintah membuka opsi untuk mengevakuasi 69 WNI kru kapal pesiar Diamond Princess via jalur udara. Jika terealisasi, maskapai Garuda Indonesia akan ditunjuk untuk mengevakuasi 69 WNI yang negatif virus corona tersebut.

Menanggapi hal ini, Garuda Indonesia mengaku terus berkoordinasi dengan pemerintah. Hanya saja, Garuda belum bisa merinci bagaimana skema pemulangan para anak buah kapal itu, termasuk jumlah awak pesawat yang dikerahkan.


Kapal Diamond Princess
Aktivitas penumpang kapal Diamond Princess yang bersandar di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang. Foto: REUTERS/Athtit Perawongmetha
"Terkait dengan opsi evakuasi WNI di Diamond Princess, pada prinsipnya Garuda siap bilamana memperoleh penugasan dari pemerintah untuk kegiatan evakuasi. Kami juga terus melakukan koordinasi intensif dengan pemerintah perihal dimaksud," ujar Vice President Corporate Secretary Garuda, Mitra Piranti, saat dihubungi, Selasa (25/2).


Pesawat Garuda
Ilustrasi Pesawat Garuda Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Opsi evakuasi dengan Garuda sebelumnya dikemukakan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto. Achmad menyebut, pemerintah masih mematangkan proses evakuasi karena harus lebih berhati-hati.

"Kita sudah menyiapkan satu skenario bahwa mereka akan dijemput dengan pesawat terbang. Tentunya pesawat terbangnya yang sudah memiliki registrasi penerbangan menuju ke [bandara] Haneda dan itu adalah pesawat Garuda," kata Yuri dilansir Antara, Selasa (23/2).


Berbeda dengan evakuasi 238 WNI dari Wuhan, pemulangan ABK WNI di Diamond Princess direncanakan lebih hati-hati. Sebab, beberapa negara yang terlebih dahulu mengevakuasi warganya dari Diamond Princess justru positif corona setelah kembali ke negara mereka, meski sebelumnya lolos dari pemeriksaan kesehatan.


Terlebih, sebetulnya ada 78 WNI yang bekerja menjadi kru Diamond Princess. Namun sembilan di antaranya positif virus corona, tertular bersama 682 penumpang lain. Empat WNI dirawat di rumah sakit di Jepang, sementara lima lainnya masih ada di kapal.

Selain menggunakan pesawat terbang, pemerintah juga menyiapkan opsi evakuasi melalui jalur laut. Yakni dengan menggunakan KRI Soeharso.


(Kumparan.com)

Garuda Siap Evakuasi 69 WNI Kru Kapal Diamond Princess Virus Corona


Loading...