Protes Banjir, Warga Blokade Jalan Tol Bitung Tangerang dengan Batu

Protes Banjir, Warga Blokade Jalan Tol Bitung Tangerang dengan Batu
Warga Desa Kedu, Curug, Tangerang, memblokade Tol Bitung 2 sebagai bentuk protes permukiman mereka kerap banjir.Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
Editor: Admin Hot News —Selasa, 25 Februari 2020 15:19 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah warga melakukan aksi blokade ruas Tol Tangerang menuju Jakarta di Gerbang Tol Bitung, Kota Tangerang, pada Selasa (25/2/2020). Aksi ini digelar sebagai bentuk protes karena setelah pembangunan jalan tol, permukiman warga kerap kebanjiran setiap turun hujan.

Aksi blokade ini dilakukan dengan cara menaruh batu di tengah jalan. Aksi warga ini sudah dilakukan berulang kali dan belum mendapatkan respons positif dari pengelola tol.

Alfi, salah seoramg warga mengatakan, aksi warga ini dilakukan secara spontan, karena kecewa dengan pengelola jalan tol yang tidak memerhatikan lingkungan warga sekitar."Kami sangat kecewa, sebelum ada Tol Bitung 2 ini kita warga enggak pernah kebanjiran, karena saluran airnya cukup besar dan lancar. Tetapi sekarang banjir," kata Alfi di lokasi, Selasa (25/2/2020) siang.

Dilanjutkan dia, pembangunan jalan Tol Bitung ini memakan saluran air lingkungan, hingga terjadi penyempitan. Curah hujan yang tinggi, membuat membuat saluran tidak mampu menampung air dan akhirnya terjadi banjir.

"Ya, jadi karena ada pembangunan tol ini, saluran airnya jadi menyempit dan airnya masuk ke permukiman warga dan sekarang ini banjir setinggi 80 cm," ujarnya.

Kepala Desa Kedu, Asdiansyah menjelaskan, benar apa yang dikatakan warga, dampak dari pembangunan tol ini menyebabkan 200 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian mulai 1-1,5 meter."Sampai sekarang masih banjir, belum surut juga. Sekarang kita lagi proses negosiasi dengan warga dan PT Jasa Marga untuk bisa mempertanggung jawabkan dengan memperlebar saluran air warga," jelasnya.

Akibat aksi warga, akses Tol Bitung 2 dari Tangerang menuju Jakarta sempat lumpuh. Namun, setelah ada negosiasi, akhirnya jalan bisa kembali dilalui secara keseluruhan. 

(Sindonews.com)

Protes Banjir Warga Blokade Jalan Tol Bitung Tangerang dengan Batu


Loading...