Satu Lagi Dokter Perempuan Berusia 29 Tahun di China Meninggal Akibat Terinfeksi Virus Korona

Satu Lagi Dokter Perempuan Berusia 29 Tahun di China Meninggal Akibat Terinfeksi Virus Korona
(iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 24 Februari 2020 10:24 WIB

Terasjabar.id - Satu lagi dokter di China meninggal akibat terinfeksi virus korona. Dokter perempuan berusia 29 tahun, Xia Sisi, meninggal pada Minggu (23/2/2020).

Dilaporkan Xinhua, Senin (24/2/2020), Xia merupakan dokter spesialis saluran pencernaan atau gastroenterologi yang bertugas di Rumah Sakit Union Jiangbei di Kota Wuhan, Provinsi Hubei.

Dia dirawat sejak 19 Januari 2020 kemudian dipindah ke Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan, pada 7 Februari karena kondisinya memburuk.

Menurut keterangan RS Zhongnan, Xia meninggal meskipun para dokter sudah berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkannya.

Rumah Sakit Union Jiangbei bersedih atas meninggalnya Xia dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga mendiang.

Otoritas kesehatan China meminta dinas kesehatan setempat segera mengajukan pemberian gelar kehormatan kepada para staf medis yang meninggal. Selain itu keluarga yang ditinggalkan harus dihibur serta diberi bantuan untuk menangani kesulitan mereka.

Xia merupakan dokter kesekian yang meninggal saat China berusaha keras menangani para penderita virus korona. Pada 18 Februari, kepala RS Wuchang di Kota Wuhan, Liu Zhiming, meninggal juga karena virus korona.

RS Wuchan merupakan salah satu fasilitas medis terdepan di kota pusat epidemi itu yang menangani para korban virus korona.

Pada 7 Februari, jutaan warga China berduka atas meninggalnya Li Wenliang, dokter sang whistleblower yang pertama kali melaporkan adanya pasien mengalami gejala virus korona. Bukannya direspons secara positif, Li malah dipanggil polisi atas tuduhan menyebarkan ketakutan.

Kematian Li Wenliang memicu amarah dan kekecewaan terhadap Pemerintah China yang dianggap lamban merespons wabah virus korona.

Pada pertengahan Februari Komisi Kesehatan Nasional China mengungkap, enam pekerja medis, termasuk dokter, meninggal akibat virus korona.

Selain itu ada 1.716 pekerja medis lainnya dinyatakan positif terinfeksi, mayoritas perawat. Dari jumlah itu, sebanyak 1.102 bertugas di Kota Wuhan dan 400 lainnya terinfeksi di kota lain masih di Provinsi Hubei. Disadur dari iNews.id

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Dokter Meninggal


Loading...