Air Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy Meluap Tengah Malam Mengakibatkan Puluhan Rumah di Desa Tanjungsari Terendam Banjir

Air Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy Meluap Tengah Malam Mengakibatkan Puluhan Rumah di Desa Tanjungsari Terendam Banjir
(Tribun Jabar : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 23 Februari 2020 10:23 WIB

Terasjabar.id - Puluhan rumah di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir, Minggu (23/2/2020) dini hari.

Banjir muncul akibat hujan deras yang mengguyur wilayah utara Kabupaten Tasikmalaya sejak Sabtu (22/2/2020) sore hingga malam dan menyebabkan air Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy meluap tengah malam.

hingga Minggu siang ini genangan air masih terjadi.

Namun begitu sudah mulai surut.

Ketinggian air tertinggi sekitar 30 cm.

"Namun masih merendam rumah yang kebetulan lokasinya di bawah," kata Kapolsek Sukaresik, Iptu E Kosasih.

Banjir yang menggenangi Desa Tanjungsari merupakan banjir rutin setiap dua sungai besar yang mengapit desa itu meluap.

Jika debit luapan tinggi, empat kampung langsung terendam.

Yaitu Kampung Bojongsoban, Hegarsari, Mekarsari dan Bojongwaru.

Sejumlah warga Kampung Bojongsoban yang rumahnya terendam, mengatakan, sejak Sabtu malam mereka sudah siap-siap mengamankan keluarga serta harta benda berharga begitu hujan deras turun.

"Kami sudah paham jika hujan turun semalaman dan deras sudah bisa dipastikan Sungai Citanduy dan Cikidang meluber dan airnya menggenangi kampung kami," ujar Endin (34), salah seorang warga Kampung Bojongsoban.

Permukiman di Kampung Bojongsoban paling banyak terendam karena lokasinya berada paling bawah di antara kampung lainnya.

Disadur dari Tribunjabar.id

Banjir Hujan Deras Puluhab Rumah di Desa Tanjungsari Kabuoaten Tasikmalaya


Loading...