Usai Tregedi Susur Sungai Sempor yang Hanyutkan Ratusan Pelajar SMP, Mensos Berikan Santunan Korban Meninggal

Usai Tregedi Susur Sungai Sempor yang Hanyutkan Ratusan Pelajar SMP, Mensos Berikan Santunan Korban Meninggal
MENTERI Sosial Juliari P. Batubara mengatakan pemerintah akan memberikan santunan kepada ahli waris siswa SMPN 1 Turi yang meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi dalam kegiatan susur Sungai Se
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 22 Februari 2020 15:11 WIB

Terasjabar.id -  Kementerian Sosial akan menyantuni keluarga siswa SMPN 1 Turi yang meninggal dunia akibat kecelakaan yang terjadi dalam kegiatan susur Sungai Sempor di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Ahli waris korban meninggal kita berikan santunan sekadar meringankan beban mereka Rp15 juta per orang," kata Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengunjungi Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Antasena di Magelang, Sabtu 22 Februari 2020.

"Saya sangat berduka, doa saya bagi keluarga yang ditinggalkan supaya kuat dan tegar menghadapi cobaan ini," katanya.

Menteri Sosial berharap anak-anak yang terluka akibat kecelakaan saat kegiatan susur sungai tersebut segera pulih.

Ia menyesalkan sekolah melaksanakan kegiatan susur sungai untuk siswa saat musim hujan.

"Yang saya sesalkan, di musim hujan seperti ini anak-anak yang tidak memiliki skill (keahlian) diminta untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang berbahaya, yang saya dapat beritanya seperti itu," katanya.

"Menurut saya konyol, apa tidak ada yang lain," ia menambahkan.

Juliari mengatakan pihak berwajib mesti menyelidiki kecelakaan yang menimpa siswa SMPN 1 Turi.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, kecelakaan terjadi pada 249 siswa SMPN 1 Turi yang mengikuti kegiatan susur Sungai Sempor pada Jumat 21 Februari 2020.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, telah terjadi kecelakaan sungai di Sungai Sempor, Turi, Sleman dengan korban siswa-siswi SMPN 1 Turi Sleman yang sedang menyelenggarakan kegiatan susur sungai.

Sungai Sempor tiba-tiba meluap tanpa ada tanda-tanda hujan sebelumnya, ratusan siswa-siswi SMPN 1 Turi Sleman terbawa hanyut luapan Sungai Sempor, Turi, Sleman, Yogyakarta pada Jumat sore 21 Februari 2020.

Setelah sungai meluap, siswa-siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Turi dengan total sekitar 249 siswa hanyut terbawa arus deras sungai.

Pada Sabtu 22 Februari Basarnas menemukan satu korban meninggal.

Dengan penemuan itu, maka korban meninggal sebanyak 8 pelajar dan yang masih dalam pencarian berjumlah dua orang. Sebanyak 23 orang terkonfirmasi luka-luka dan 216 orang terkonfirmasi selamat.

(Pikiran-rakyat.com)

Usai Tregedi Susur Sungai Sempor yang Hanyutkan Ratusan Pelajar SMP Mensos Berikan Santunan Korban Meninggal SMPN 1 Turi


Loading...