DPMD Gandeng PKK Lestarikan Dana Bergulir Eks PNPM

DPMD Gandeng PKK Lestarikan Dana Bergulir Eks PNPM
Kepala DPMD Kab Kuningan Drs Deniawan,MSi bersama Ketua TP-PKK Hj Ika Acep- dalam acara pembinaam di Lembah Ciremai (21/2-2020)
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 22 Februari 2020 08:29 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Pembinaan Pengelolaan Dana Bergulir Eks PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2020, tujuannya dalam upaya memperkuat komitmen dan memperkuat koordinasi antara Pemkab Kuningan dengan kelembagaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK). Demikian dikemukakan Plt.Kepala DPMD Kab Kuningan, Drs. Deniawan,MSi saat dikonfirmasi ihwal dana bergulir eks PNPM dikantornya Jumat (21/2-2020).

Pihaknya mengapresiasi seluruh kelembagaan UPK, yang masih berkomitmen bergerak dalam konteks pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan simpan pinjam kelompok perempuan dan usaha ekonomi produktif, yang merupakan salah satu unit kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan yang telah berakhir pada akhir tahun 2014, tetapi masih menunjukan hasil yang positif, paparnya..

“Dampak dari program PNPM Mandiri Perdesaan ini, masyarakat diajak berfikir untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi dan bertindak untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Selain itu juga mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan, ujarnya.

Tujuan yang ingin dicapai dari PNPM Mandiri Perdesaan yakni pemberdayaan masyarakat miskin, meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin. Dari 29 UPK masih konsens melaksanakan pengelolaan perguliran dana simpan pinjam kelompok perempuan dan usaha ekonomi produktif eks PNPM Mandiri Perdesaan. Dibuktikan dari adanya pembagian surplus yang diterima oleh UPK berupa dana sosial.

“Saya yakin UPK dan kelembagaan lainnya di 29 UPK tetap sungguh-sungguh menjalankan dan mengelola dana bergulir pada UEP dan SPKP. Dimana berdasarkan laporan pada akhir Desember total asset di 29 UPK sebesar Rp 82.291.952.256,. Aset tersebut cukup berarti apabila dikelola dengan baik dan profesional. Sehingga tidak mustahil UPK di masa mendatang akan menjadi pusat kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), terutama indeks daya beli masyarakat desa, pungkasnya.

Terpisah, Ketua TP-PKK Kab Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama mengatakan bahwa, UP2K merupakan salah satu program prioritas. Tim Penggerak PKK khususnya Pokja II. Diharapkan kegiatan UPK dan UP2K di desa dapat dilaksanakan bersama-sama dan mencapai tujuan bersama, yaitu masyarakat Kab Kuningan yang Ma’mur, Agamis dan Pinunjul (MAJU) Berbasis Desa,” ungkap Hj Ika.

(H WAWAN JR)

Kuningan DPMD Drs. Deniawan MSi


Loading...