Workshop 'Menulis Gaya Hidup Guru Profesional" Membangkitkan Guru Untuk Menulis Buku

Workshop 'Menulis Gaya Hidup Guru Profesional
Wabup Kuningan HM Ridho Suganda, Ketua PGRI H Pipin Arifin MPd
Editor: Malda Teras Kuningan —Kamis, 20 Februari 2020 16:37 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kab. Kuningan menggelar Workshop Kepenulisan PGRI, bertajuk " Menulis Gaya Hidup Guru Professional", di Aula Gedung PGRI Kuningan, Selasa (18/02/2020). Hadir dalam acara Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, Hj. Ika Siti Rahmatika, SE Bunda Literasi, Kadisdikbud DrsUca Somantri MSi, jajaran pengurus PGRI dan Peserta Diklat. Ketua PGRI H. Pipin. M. Aripin, M.Pd mengatakan, kegiatan PGRI domain'nya tidak hanya perjuangan dan pekerjaan, tetapi disana ada sisi peningkatan mutu dan kualitas, kita sebagai guru ingin memberikan kontiribusi kepada daerah, bahwa PGRI harus ada di garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan pendidikan. Dan berharap sinergi antara pemerintah daerah dan PGRI juga dapat terjadi, sehingga akan menimbulkan efek yang positif. Untuk PGRI mari kita bangun jati diri tanpa mengesampingan etika, harus pakai tata krama karena organisasi ini, organisasi pengkritik yang tidak bisa semudah itu turun ke jalan, bukan masalah berani tidak berani, tetapi etika, attitude harus kita tampakan pada masyarakat. Bagaimana kita menyebarkan ilmu, bagaimana kita menyampaikan aspirasi dengan cara cara lugas dan santun.

Guru tegas H Pipin, harus jadi garda terdepan tunjukan kualitas pendidikan di Kuningan itu bukan bersandar dari satu segmen tapi kita memulai mengakar dengan mandiri, guru itu harus jangan pintar saja tapi juga harus cerdas bangsa ini akan semakin maju, guru itu peran nya bukan ganda tapi multifungsi, multitasking, jadi semua bisa. Karena para Guru sudah biasa bermasyarakat dan jadi panutan di masyarakat, makanya hari ini mesti bisa menuangkan isi hati dan pikiran,kesulitan para guru itu adalah mengawali menulisnya. "saya harap di workshop ini, khusunya yang sudah datang di acara ini, harapan nya semua guru bisa menulis, membuat sabuah karya dalam sebuah tulisan, dan nanti kita akan bekerjasama dengan pihak penerbit erlangga untuk mempublish hasil tulisan para guru, untuk para guru jangan takut dengan hasil tulisan nya nanti jelek atau kurang bagus, tetapi dengan kedepan guru-guru bisa menuangkan apa yang menjadi karyanya di sebuah buku, yang tentunya bermanfaat bagi pembacanya.", ujar Pipin.

Gambar

Wabup Kuningan HM Ridho Suganda menuturkan, dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan telah berkembang demikian pesat, sesuai perkembangan dan kemajuan global, kemajuan ini haruslah di topang dengan kesigapan dan kesiapan seluruh elemen masyarakat. PGRI sebagai organisasi perjuangan, organisasi profesi dan organisasi ketenagakerjaan harus terus berperan aktif dalam pengembangan profesi guru, pembangunan, pendidikan dan ilmu serta kemasyarakatan. Guru sebagai salah satu pilar pelaksana pembangunan dan pendidikan dituntut memiliki integritas dan kemampuan profesional yang tinggi agar mampu melaksanakan darma baktinya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, harapnya.

Gambar

Wabup Kuningan HM Ridho Suganda, Ketua PGRI H Pipin Arifin MPd dan peserta diklat duabadikan bersama seusai pembukaan di gedung PGRI Selasa (18/2-2020)

PGRI sebagai organisasi guru berkewajiban untuk memfasilitasi peningkatan mutu dan kompetensi guru, agar guru bisa menjawab tantangan zaman. Semakin maju dan bisa mengupdate perubahan sesuai tuntutan kurikulum yang berlaku. HM Ridho berharap nelalui workshop ini mampu meberikan manfaat yang besar bagi peningkatan profesionalisme guru, perwujudan kualitas pendidikan menjadi indikator penting dalam pencapaian visi Kuningan MAJU (Ma'mur, Agamis, dan Pinunjul Berbasis Desa). Diharapkan workshop kepenulisan ini, akan meningkatkan minat guru untuk membaca dan menulis sehingga akan menularkan dan memberi contoh untuk anak didiknya. Sementara itu, Drs Abdul Hanan MSi selaku pelaksana menjelaskan, workshop diikuti 70 orang peserta terdiri dari guru SD utusan 32 cabang PGRI, MGMP gugus, MKKS SMP, utusan SMA serta literasi Kab Kuningan. Tujuannya selain membangkitkan gairah guru untuk menulis buku seperti cerpen, puisi, reportase juga mengembangkan kreativitas dan mengapresiasi guru dalam bentuk penebitan buku. Workshop ini digelar tiga kali pertemuan, 18/2-2020, 22/2-2020, dam 14/3-2020.

(H WAWAN JR)

Kuningan Guru Workshop


Loading...