Empat Kru Warga Negara Indonesia yang Berada di Kapal Pesiar Jepan Diamond Princess Terinfeksi Virus Corona

Empat Kru Warga Negara Indonesia yang Berada di Kapal Pesiar Jepan Diamond Princess Terinfeksi Virus Corona
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 19 Februari 2020 18:33 WIB

Terasjabar.id - Total ada empat warga negara Indonesia yang berada di kapal pesiar Jepang Diamond Princess yang terinfeksi virus corona, Rabu (19/2/2020).

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, mengatakan bahwa jumlah tersebut berdasarkan kabar terbaru yang menyebut ada tambahan satu WNI lagi yang terinfeksi virus corona.

Keempat WNI tersebut merupakan kru kapal yang bersandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang, sejak (3/2/2020).

"Jadi kami informasikan ada confirm (positif virus corona) empat warga negara Indonesia di Kapal Diamond Princess. Jadi ada perkembangan sebelumnya ada tiga, ada perkembangan menjadi empat WNI," kata Judha Nugraha, yang ditemui di kawasan Blok M space, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020).

Judha menambahkan, keempatnya telah diturunkan dari kapal dan kini di rawat di rumah sakit di Chiba dan Tokyo.

"Dua orang dirawat di rumah sakit di Chiba dan dua orang di rumah sakit di Tokyo," lanjut Judha.

Ia mengatakan, saat ini pihak KBRI Tokyo telah menerjunkan tim untuk melakukan pendampingan dan memastikan perkembangan kondisi yang bersangkutan.

"Tim KBRI Tokyo sudah mengirimkan tim untuk mengunjungi dua rumah sakit itu untuk melihat penanganan dan dan kondisinya, kini mereka dalam keadaan stabil," ujarnya lagi.

Sebelumnya disampaikan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, ada tiga WNI yang merupakan kru kapal Diamond Princess yang dinyatakan positif.

"Komunikasi dengan duta besar Jepang, maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru warga negara Indonesia, dinyatakan confirm (terinfeksi Covid-19)," kata Menlu Retno, di kantornya, di Jakarta Pusat.

Namun dengan alasan etika, Menlu Retno tak merinci terkait identitas WNI tersebut.

"Alasan etika, saya tidak bisa mengungkap identitas dari ketiga WNI tersebut," ujar Menlu. Disadur dari (Tribunnews.com/Rina Ayu Panca Rini)

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Kapal Persiar Jepang Diamond Princess WNI


Loading...