Perokok Lebih Mudah Terinfeksi Virus Korona ?? Simak Disini

Perokok Lebih Mudah Terinfeksi Virus Korona ?? Simak Disini
(detikNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 19 Februari 2020 16:02 WIB

Terasjabar.id - Virus corona hingga Rabu (19/2/2020) pagi hari ini, telah menginfeksi sebanyak 75.151 orang di seluruh dunia.

Selain itu, virus corona juga telah membunuh sebanyak 2.007 orang di seluruh dunia.

Baru-baru ini, para ahli penyakit paru-paru melakukan riset terkait dengan penyebaran virus corona.

Para ahli tersebut mengatakan bahwa mungkin ada hubungan antara merokok dan pengembang komplikasi dari .

Hal tersebut dikarenakan dalam penilitian mereka lebih menjelaskan siapa yang paling rentan terhadap penyakit virus corona ini.

Dikutip dari Telegraph, volume besar data yang sekarang dirilis oleh para peneliti, menunjukkan pola yang jelas di antara mereka yang jatuh sakit karena penyakit tersebut.

Sebuah analisis baru dari 8.000 kasus pertama coronavirus yang dilakukan oleh para peneliti di China dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa pria lebih mungkin didiagnosis dengan penyakit ini, lebih cenderung memiliki gejala yang paling parah, seperti pneumonia, dan lebih mungkin mati.

Salah satu alasan bias terhadap laki-laki mungkin karena para lelaki di China perokok berat.

Analisis ini dipublikasikan karena semakin memburuknya virus corona yang tengah dialami di seluruh dunia.

Analisis pasien China dan AS menunjukkan bahwa laki-laki jauh lebih mungkin terinfeksi Covid-19, dengan 55 persen kasus yang dikonfirmasi di antara laki-laki.

Ini juga menunjukkan bahwa pria cenderung menderita komplikasi yang lebih serius - 61,5 persen dari mereka yang didiagnosis dengan pneumonia paling parah adalah pria -.

Dan tingkat fatalitas kasus untuk pria lebih dari tiga kali lebih tinggi daripada wanita - 4,45 persen pria meninggal, dibandingkan dengan 1,25 persen pasien wanita, penelitian menemukan -.

Menjadi pria yang lebih tua adalah risiko khusus, penelitian menunjukkan, karena hampir 10 persen pasien pria berusia di atas 60 tahun dalam penelitian meninggal.

Ilustrasi rokok
Ilustrasi rokok (Pixabay)

Alasan mengapa pria lebih rentan terhadap penyakit tidak sepenuhnya dipahami.

Akan tetapi ini telah menjadi kasus dalam dua wabah coronavirus sebelumnya - sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS) dan sindrom pernapasan akut (SARS) -.

Beberapa peneliti mengatakan itu bisa sampai ke apa yang digambarkan WHO sebagai "keuntungan biologis yang melekat" pada perempuan.

Namun, bisa jadi karena faktor gaya hidup, terutama merokok.

WHO menunjukkan bahwa 52,1 persen pria China merokok, dibandingkan dengan hanya 2,7 persen wanita.

Di Inggris, 16,5 persen pria merokok, dibandingkan dengan 13 persen wanita.

Tingginya tingkat merokok juga dikaitkan dengan hasil yang lebih serius di SARS dan MERS.

Salah satu ahli penyakit pernapasan terkemuka di Inggris, Gisli Jenkins, profesor kedokteran eksperimental di Universitas Nottingham, mengatakan bahwa perokok memiliki tingkat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang tinggi, suatu bentuk kerusakan paru-paru.

Dan orang dengan COPD beresiko tinggi pada umumnya penyakit pernapasan seperti coronavirus baru.

Prof Jenkins mengatakan akan 'mencengangkan' jika perokok tidak memiliki risiko lebih besar terhadap Covid-19 daripada bukan perokok.

Ia juga mengatakan mungkin ada hubungan antara tingkat merokok yang tinggi dan tingkat keparahan penyakit.

"China memiliki tingkat COPD yang sangat tinggi dan juga memiliki tingkat pneumonia berat yang tinggi," ujar Prof Jenkins.

"Dalam coronavirus khusus ini 15 persen dari populasi China yang telah terinfeksi memiliki penyakit pernafasan yang parah dan sekitar dua persen telah meninggal - di seluruh dunia penyakit ini tampaknya tidak seburuk itu," lanjutnya.

"Kita belum tahu mengapa itu terjadi - bisa jadi epidemi ini kemudian dalam evolusinya di seluruh dunia. Tetapi kita tahu bahwa di Tiongkok ada tingkat merokok dan COPD yang sangat tinggi," katanya.

Dr Sanjay Agrawal, ketua Kelompok Penasihat Tembakau Royal College of Physicians mengatakan, penelitian menunjukkan bahwa perokok dua kali lebih mungkin terkena pneumonia dibandingkan dengan bukan perokok.

"Mereka juga lebih mungkin terkena infeksi, dengan alasan bahwa merokok akan memengaruhi pertahanan Anda, sehingga Anda rentan terhadap infeksi virus dan bakteri," katanya.

Dia menambahkan bahwa strategi saat ini untuk mengelola penyakit ini difokuskan pada penahanan dan penundaan.

"Intinya adalah tidak pernah ada waktu yang buruk untuk berhenti. Anda akan melihat manfaat dalam beberapa hari, minggu, dan bulan."

"Jika Anda berhenti merokok hari ini, Anda akan mengurangi risiko (mengambil penyakit) dan dalam dua hingga tiga bulan Anda akan mendapat manfaat," katanya. Disadur dari (Tribunnews.com/Whiesa)

Virus Korona China Wuhan Wabah Virus Korona Perokok


Loading...